Ingin Menjadi Translator Profesional? Gunakan 5 APLIKASI ini!!!

Ingin Menjadi Translator Profesional? Gunakan 5 APLIKASI ini!!!






Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.



Apa kabar sobat? Semoga kalian baik-baik saja ya (。•̀ᴗ-)✧



Oh iya sobat, Mimin punya saran kepada kalian sebelum kalian membaca artikel ini, alangkah baiknya kalian sholat dulu ya bagi yang beragama muslim dan bagi non muslim jangan lupa untuk beribadah terlebih dahulu ya. Karena itu sebuah kewajiban yang tidak bisa ditawar lagi ( ꈍᴗꈍ). Oh iya, buat sobat yang baru mampir ke blogger ini. Mimin ucapin Selamat Datang ya, jangan malu-malu untuk bertanya di kolom komentar. Karena kalian di sini sudah seperti keluarga bagi Mimin, tapi kan virtual min? Virtual atau tidak, itu tidak masalah buat Mimin. Yang terpenting kita sudah menjadi satu keluarga (≧▽≦).



Bahasa, bahasa adalah sarana komunikasi manusia agar bisa mengerti satu sama lain. Di dunia ini ada berbagai macam ras manusia, begitu pula bahasa. Di dunia ini mungkin ada milyaran bahasa, "apakah ada sebuah cara agar manusia bisa mengerti satu sama lain hanya dengan menggunakan bahasa dengan mudah?". Ada, yaitu dengan menggunakan penerjemah atau translator.




Apa itu translator? Translator adalah seorang yang dapat mengartikan satu bahasa, ke bahasa lain. Semakin banyak bahasa yang dikuasai oleh translator, semakin dibutuhkan di masa depan. Seiring berjalannya waktu, dunia semakin modern dan manusia mulai mengalami berbagai permasalahan dalam menggunakan translator. Mereka berpikir bahwa ilmuwan tidak akan selamanya hidup, untuk melanjutkan kemampuan ilmuwan tersebut. Akhirnya manusia menciptakan sebuah alat yang dapat menerjemahkan satu bahasa ke bahasa lain, dengan demikian masalah tersebut bisa diatasi dan tidak perlu repot-repot untuk mengundang ilmuwan translator dari berbagai daerah hanya untuk mengartikan bahasa tersebut. Seiring munculnya berbagai alat-alat modern termasuk komputer, laptop, dan smartphone. Para ilmuwan juga menggunakan cara tersebut untuk menjaga ilmu terjemahan tersebut.




Sejak munculnya internet, berbagai platform atau aplikasi penerjemah bahasapun semakin banyak bermunculan. Meskipun masih banyak aplikasi atau platform yang belum dapat menerjemahkan bahasa dengan akurat.




Nah, kali ini Mimin akan membagikan materi seputar aplikasi atau platform yang mampu menerjemahkan berbagai macam bahasa dengan akurat versi Zona Hacking. Ya udah deh, gak usah banyak basa-basi lagi. Langsung kita ke materi intinya, let's go 🏃🏃🏃





YUK SIMAK PENJELASANNYA BAIK-BAIK YA SOBAT (◠‿◕)




PASTIKAN KALIAN MEMBACA DENGAN CERMAT YA, DAN JANGAN LUPA SIAPKAN CEMILAN BUAT NAIKIN MOOD KALIAN (≧▽≦)




5 Aplikasi Translate di Smartphone



1. Camera Dictionary



Aplikasi ini hanya bisa digunakan sistem operasi iOS dengan versi kompatibel perangkat di iOS 13.0 sampai di bawahnya untuk iPhone. Sedangkan iOS 11.0 untuk Mac dengan Chip Apple M1. Aplikasi ini dikembangkan oleh X2 Mobile Development. Aplikasi ini memiliki 90 bahasa berbeda yang siap diterjemahkan gratis. Kamu bisa menerjemahkan dokumen bisnis, kontrak, pekerjaan rumah, menu, rambu jalan, dan gambar lainnya secara instan. Menggunakan teknologi karakter optik canggih untuk 79 bahasa, teks yang bisa diedit dan copas, serta bisa memindai teks tulisan tangan menjadi font handphone hanya dengan menggunakan gambar.


Namun, versi gratis ini memiliki kelemahan yaitu batasan karakter huruf untuk 1X translate.





















2. iTranslate Voice



iTranslate Voice adalah aplikasi penerjemah bahasa yang dikembangkan oleh iTranslate. Aplikasi ini juga hanya bisa digunakan di sistem operasi iOS, aplikasi ini bisa digunakan secara online maupun offline. Namun, hanya ada sekitar 40 bahasa saja yang bisa diterjemahkan menggunakan aplikasi ini. Kelebihan lain dari aplikasi ini adalah bisa juga menerjemahkan bahasa melalui gambar, foto, dan suara.


Namun, versi gratis ini memiliki kelemahan yaitu batasan karakter huruf untuk 1X translate.




















3. Language Translator




Berbeda dengan iTranslate Voice, aplikasi yang dikembangkan oleh La Clave Ganadora SL ini bisa digunakan di sistem operasi iOS maupun Android. Aplikasi ini juga dapat menerjemahkan lebih dari 40 bahasa yang sudah didownload sebanyak ± 10jt perangkat, aplikasi ini bisa melakukan terjemahan dengan suara, dan aplikasi ini juga memiliki tampilan yang simpel. Jadi bisa digunakan di berbagai kalangan masyarakat.


Namun, aplikasi ini tidak dapat bekerja dengan akurat jika jaringan internet anda tidak stabil.



















4. Google Translate




Pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan platform atau aplikasi ini, yap benar sekali. Aplikasi yang digunakan oleh hampir seluruh masyarakat dunia ini dikembangkan oleh perusahaan Google LLC. Aplikasi ini juga bisa digunakan oleh sistem operasi iOS maupun Android, selain itu aplikasi ini juga memiliki fitur perekam suara, hebatnya lagi aplikasi ini bisa digunakan secara offline tanpa perlu membuka jaringan internet.


Namun, penggunaan offline pada aplikasi ini akan berdampak pada pembatasan karakter saat menerjemahkan bahasa.



















5. Scan & Translate+ Text Grabber



Kabar gembira lagi nih untuk kalian, aplikasi yang dikembangkan oleh perusahaan AISBERG LLC ini bisa digunakan pada sistem operasi iOS maupun Android loh🤭. Ada berbagai macam fitur yang bisa kalian dapat setelah selesai menginstall aplikasi ini yaitu, kalian bisa memfoto teks yang akan kalian terjemahkan langsung melalui aplikasi ini. Selain fitur tadi, di dalam aplikasi ini juga memiliki fitur kamus frasa, dan pindai teks tulisan tangan. Aplikasi ini Sangat cocok untuk baca menu, manual, instruksi, label produk, dan rambu jalan.



Namun, terdapat bug saat kalian melakukan update pada aplikasi ini.

















Mungkin cukup segitu aja artikel yang bisa Mimin share kali ini ke kalian semua, semoga bermanfaat ya sobat Zone Hack (≧▽≦). Di sini kita sama-sama belajar kok, Mimin juga masih belajar. Oh iya, jangan lupa komentarnya ya sobat Zone Hack biar kita selalu bisa terhubung dan bisa saling share informasi biar bloggernya makin hidup dan rame gitu. Mimin juga minta tolong ya ke sobat Zone Hack semua, jangan lupa share artikel dari Zona Hacking ini. Siapa tahu artikel ini bisa bantu teman kalian yang sedang belajar juga. Insyaallah ke depannya Mimin juga akan membuat artikel yang bermanfaat buat kalian semua, biar kita bisa sama-sama belajar dan terus belajar. Mimin mewakili tim dari Blog Zona Hacking meminta maaf kepada kalian semua apabila materi yang Mimin bagikan kurang bisa dipahami baik dalam segi bahasa, ataupun pemikiran dalam sengaja maupun tidak disengaja. Terimakasih banyak ya sobat Zone Hack (。•̀ᴗ-)✧.



Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

1 Comments

  1. Yg paling sering aku pake google translate kak 😁. Triana di negara2 yg tulisannya beda banget Ama aksara biasa. Pas ke Jepang , aku selalu pake google translate ini pas belanja makanan, utk ngecek ingredients nya ada pork atau ga 😄

    ReplyDelete