Ini Dia Beberapa Komponen Penyusun Smartphone Beserta Fungsinya

Komponen - Komponen Penyusun Smartphone Beserta Fungsinya






Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.



Apa kabar sobat? Semoga kalian baik-baik saja ya (。•̀ᴗ-)✧







Oh iya sobat, Mimin punya saran kepada kalian sebelum kalian membaca artikel ini, alangkah baiknya kalian sholat dulu ya bagi yang beragama muslim dan bagi non muslim jangan lupa untuk beribadah terlebih dahulu ya. Karena itu sebuah kewajiban yang tidak bisa ditawar lagi ( ꈍᴗꈍ). Oh iya, buat sobat yang baru mampir ke blogger ini. Mimin ucapin Selamat Datang ya, jangan malu-malu untuk bertanya di kolom komentar. Karena kalian di sini sudah seperti keluarga bagi Mimin, tapi kan virtual min? Virtual atau tidak, itu tidak masalah buat Mimin. Yang terpenting kita sudah menjadi satu keluarga (≧▽≦).







Dahulu, masyarakat belum mengenal adanya teknologi canggih seperti di masa sekarang ini. Namun, seiring berjalannya waktu. Manusia mulai untuk berpikir kreatif dan berpikir kritis untuk memajukan dunia ini, pemikiran ini timbul dari sebuah masalah yang ditemukan oleh seseorang yang bernama Martin Cooper mengenai bagaimana caranya manusia bisa terhubung atau berkomunikasi satu sama lain dalam jarak yang jauh dan dapat dilakukan secara cepat. Kemudian Martin Cooper mulai melakukan berbagai eksperimen untuk menciptakan sebuah alat yang tercipta dari sebuah masalah tersebut. Singkat cerita, Martin Cooper dan timnya mencapai keberhasilan dengan membuat sebuah alat yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dari jauh. Alat itu diberi nama "Handphone" oleh Martin Cooper. Handphone ditemukan oleh Martin Cooper sekitar tahun 1973. Pada generasi pertama, handphone sering disebut dengan "Generasi 1G" dan dikenal juga dengan istilah "AMPS" (frekuensi antara 825 Mhz hingga 894 Mhz). Penemuan Martin Cooper ini memiliki berat sekitar 2,5 pon atau sekitar 1,1 kg dan memiliki panjang sekitar 10 inch atau sekitar 25cm. Handphone generasi pertama ini hanya bisa digunakan 20 menit, jadi pada tahun itu handphone tersebut belum terlalu bisa digunakan untuk berkomunikasi dalam kurun waktu yang lama. Telepon genggam yang diciptakan oleh Martin Cooper ini dikenal dengan nama DynaTAC (Dynamic Adaptive Total Area Coverage). Seiring berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi, para ilmuwan terinspirasi oleh penemuan Martin Cooper dan akhirnya mereka mulai mencoba membuat inovasi baru dengan cara mengubah ukuran, kapasitas baterai, dan berbagai macam alat lainnya yang perlu diperbaiki kualitasnya sehingga bisa digunakan lebih lama dalam berkomunikasi, mencari informasi, dan berbagai hal lainnya. Nah, pada kesempatan kali ini Mimin akan membagikan materi seputar smartphone lebih tepatnya apa saja bagian komponen yang ada di dalam smartphone. Penasaran? langsung saja kita ke materi intinya.









YUK SIMAK PENJELASANNYA BAIK-BAIK YA SOBAT (◠‿◕)




PASTIKAN KALIAN MEMBACA DENGAN CERMAT YA, DAN JANGAN LUPA SIAPKAN CEMILAN BUAT NAIKIN MOOD KALIAN (≧▽≦)













A. Komponen Penyusun Smartphone










1. LCD (Liquit Cell Display)

Membaca kata LCD, pasti kalian sudah tidak asing lagi. Ya, ini merupakan komponen yang paling menonjol dan memiliki fungsi yang tidak kalah penting. Komponen ini berfungsi untuk menampilkan segala tampilan yang kalian aktifkan di dalam smartphone kalian. Komponen ini juga sebagai penyempurna tahap akhir, karena jika tidak ada LCD. Smartphone tidak mungkin bisa digunakan dengan semestinya.














2. CPU ( Central Processing Unit )

Central Processing Unit adalah komponen utama yang ada di dalam smartphone, fungsi dari CPU yaitu sebagai tempat pusat pemrosesan atau pengolahan data dari berbagai data pada komponen kemudian disalurkan dan dipusatkan pada CPU. Contoh sederhananya adalah CPU bisa merealisasikan perintah yang diinginkan oleh user secara visual.













3. Speaker

Smartphone akan hambar jika tidak memiliki salah satu komponen ini, pasalnya komponen ini berfungsi untuk mengeluarkan suara dari berbagai aktifitas yang dilakukan oleh user di dalam smartphone. Contohnya adalah ketika user mendengarkan musik, radio, dan bermain game. Dengan adanya speaker pada smartphone, maka ini akan menjadi pengalaman baru bagi user dan menambah daya tarik user untuk terus memainkan game melalui smartphone.












4. KeyPad

Komponen ini berfungsi untuk membuat dan memberikan perintah data kepada CPU, kemudian diproses oleh CPU dan dilanjutkan ke komponen lain yang bersangkutan.













5. Filter RX

Komponen ini berfungsi untuk menyaring frekuensi yang akan diterima agar sinyal menjadi lebih jernih, dan lebih optimal.











6. Transistor (Penguat RX)

Komponen ini berfungsi untuk memperkuat frekuensi sinyal yang sudah disaring oleh filter RX supaya sinyal tersebut tidak mudah hilang.










7. Microphone

Fungsi microphone dalam smartphone yang paling mudah ditemukan yaitu untuk menyampaikan pesan yang bersifat percapakan atau dialog yang akan dikirim kepada orang lain. Selain fungsi tersebut, komponen ini juga berfungsi untuk merekam suara di dalam smartphone yang disebut dengan (audio internal) dan kemudian suara tersebut bisa diputar melalui perekam suara.









8. Filter TX

Berfungsi untuk membagi frekuensi yang akan dikirim sebelum diperkuat kembali oleh komponen lain yang ada pada ponsel.










9. Antena

Fungsi dari Antena Smartphone sama dengan antena televisi yaitu menangkap dan memancarkan gelombang sinyal yang diterima oleh pesawat ponsel.










10. Swicth Antena

Komponen ini berfungsi sebagai pemisah antara sinyal penerima (RX) dan sinyal pemancar (TX).









11. IC RF Processor

Fungsi dari komponen ini yaitu untuk mengatur kerja antara sinyal RX dan sinyal RX agar dapat bekerja dengan baik dan tepat. Komponen IC RF Processor juga merupakan sebuah satu kesatuan yang terdiri dari beberapa penyusun yaitu IF, Mixer, Oscilator, Detector, Decoder, Encoder, AFC, Tone Frequency dan Squelch.










12. RAM (Random Access Memory)

Nah, bagi kalian yang belum tahu fungsi dari RAM. Kali ini Mimin kasih tahu nih, RAM berfungsi sebagai tempat penyimpanan data yang bersifat sementara dan RAM juga dapat membantu produktivitas kerja CPU. Semakin besar nilai penyimpanan RAM, maka kerja ponsel akan semakin optimal dan bagus.









13. SIM Card

SIM Card merupakan identitas diri dari sebuah ponsel yang sedang aktif serta bergantung pada provider SIM card yang digunakan oleh ponsel dengan cara diolah CPU ponsel.










14. IC PA (Power Amplifier)

IC PA memiliki fungsi untuk memperkuat sinyal yang akan dikirimkan melalui switch antena ponsel.










15. Power Detector

Bentuk dari komponen ini yaitu berupa transistor yang digunakan untuk mengirimkan data ke CPU lalu diproses dan diolah kemudian data akan dikirim ke komponen yang bersangkutan.









16. IR T/R Dioda

Sebagai penerima dan pemancar frekuensi data melalui cahaya ponsel.









17. VCO (Voltage Control Oscilator)

Komponen ini berfungsi untuk pembangkit frekuensi, mengontrol frekuensi, dan tegangan dari RF sinyal Processor.








18. IC Interface

Komponen ini berfungsi untuk pengelola data yang diperintahkan CPU untuk Buzzer, Vibrator, lampu.








19. IC Regulator

IC Regulator berfungsi untuk mengatur tegangan agar diolah sesuai kebutuhan.







20. IC Flash

Komponen IC Flash digunakan untuk tempat penyimpanan data ponsel yang bersifat sementara disebabkan karena data yang disimpan merupakan data yang dapat dirubah.








21. IC Charge

Sesuai dengan kata charge yang berarti mengisi, komponen ini berfungsi sebagai penyalur daya listrik ke baterai yang aktif pada saat kalian mengisi ponsel kalian.








22. Baterai

Pasti kalian sudah mengerti dan benar-benar hafal dengan fungsi komponen yang satu ini diberbagai alat, dan kalian benar sekali. Komponen ini berfungsi untuk menyimpan dan mengeluarkan daya listrik yang telah disalurkan melalui IC Charge pada saat melakukan pengisian daya pada ponsel.






23. EEPROM

Komponen ini memiliki fungsi yang berbeda dengan IC Flash, EEPROM berfungsi sebagai tempat penyimpanan data utama, bersifat permanen, dan tidak dapat dirubah karena EEPROM sudah diatur pada saat pembuatan ponsel di pabrik.






24. Fleksibel

Komponen ini bisa dikatakan sebagai komponen penyempurna ke 2 setelah LCD, pasalnya komponen ini berfungsi untuk menghubungkan antara satu handphone dengan handphone lainnya.






Mungkin cukup segitu aja artikel yang bisa Mimin share kali ini ke kalian semua, semoga bermanfaat ya sobat Zone Hack (≧▽≦). Di sini kita sama-sama belajar kok, Mimin juga masih belajar. Oh iya, jangan lupa komentarnya ya sobat Zone Hack biar kita selalu bisa terhubung dan bisa saling share informasi biar bloggernya makin hidup dan rame gitu. Mimin juga minta tolong ya ke sobat Zone Hack semua, jangan lupa share artikel dari Zona Hacking ini. Siapa tahu artikel ini bisa bantu teman kalian yang sedang belajar juga. Insyaallah ke depannya Mimin juga akan membuat artikel yang bermanfaat buat kalian semua, biar kita bisa sama-sama belajar dan terus belajar. Mimin mewakili tim dari Blog Zona Hacking meminta maaf kepada kalian semua apabila materi yang Mimin bagikan kurang bisa dipahami baik dalam segi bahasa, ataupun pemikiran dalam sengaja maupun tidak disengaja. Terimakasih banyak ya sobat Zone Hack (。•̀ᴗ-)✧.






Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

0 Comments