Beberapa Faktor yang dapat Mempengaruhi Kecepatan Smartphone

Beberapa Faktor yang dapat Mempengaruhi Kecepatan Smartphone






Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.



Apa kabar sobat? Semoga kalian baik-baik saja ya (。•̀ᴗ-)✧






Oh iya sobat, Mimin punya saran kepada kalian sebelum kalian membaca artikel ini, alangkah baiknya kalian sholat dulu ya bagi yang beragama muslim dan bagi non muslim jangan lupa untuk beribadah terlebih dahulu ya. Karena itu sebuah kewajiban yang tidak bisa ditawar lagi ( ꈍᴗꈍ). Oh iya, buat sobat yang baru mampir ke blogger ini. Mimin ucapin Selamat Datang ya, jangan malu-malu untuk bertanya di kolom komentar. Karena kalian di sini sudah seperti keluarga bagi Mimin, tapi kan virtual min? Virtual atau tidak, itu tidak masalah buat Mimin. Yang terpenting kita sudah menjadi satu keluarga (≧▽≦).






Hai sobat, pada artikel sebelumnya Mimin pernah membagikan materi tentang Cara Bobol WiFi No ROOT di HP. Nah, di artikel kali ini Mimin akan membagikan ilmu pengetahuan baru buat kalian nih. Oh iya sobat, sebelumnya Mimin mau mengucapkan "Minala'idzin walfa'idzin Mohon maaf Lahir dan Batin ya sobat🙏" karena pada artikel sebelumnya Mimin lupa mau menambahkan kalimat itu😅. Yosshh, pada artikel kali ini Mimin akan membagikan ilmu seputar Smartphone nih sobat mengenai Beberapa Faktor yang dapat Mempengaruhi Kecepatan Smartphone. Ilmu ini bisa juga kalian gunakan sebagai bahan pertimbangan bagi kalian yang ingin membeli smartphone baru, tapi masih ragu mau beli merk dagang yang mana. Lantas apa saja faktor-faktor yang akan Mimin bahas? Penasaran? langsung saja kita ke materi intinya.








YUK SIMAK PENJELASANNYA BAIK-BAIK YA SOBAT (◠‿◕)










PASTIKAN KALIAN MEMBACA DENGAN CERMAT YA, DAN JANGAN LUPA SIAPKAN CEMILAN BUAT NAIKIN MOOD KALIAN (≧▽≦)
















A. Beberapa Faktor yang dapat Mempengaruhi Kecepatan Smartphone


1. CPU




CPU merupakan sebuah komponen paling penting di dalam susunan jaringan smartphone. Pasalnya, CPUlah yang mengendalikan kerja smartphone. Dengan kata lain, CPU merupakan otak dari smartphone yang bisa bekerja sesuai dengan kemauan dan kepentingan user. Semakin besar kapasitas kerja CPU pada smartphone, maka semakin baik pula smartphone akan bekerja. Misalnya seseorang telah membeli sebuah smartphone dengan CPU yang memiliki kecepatan 1,5 GHz dengan orang lain yang mempunyai HP dengan CPU berkecepatan 2.1 GHz. Sudah pasti smartphone dengan CPU berkecepatan 2.1 GHz lah yang memiliki performa kerja yang lebih baik.





















2. Jumlah Core CPU






Jika kalian belum tahu mengenai faktor ini, mungkin ini bisa menambah wawasan kalian. CPU juga terdiri dari beberapa penyusun di dalamnya. Hal ini berlaku untuk semua alat elektronik baik PC, Laptop, maupun smartphone. Core menjadi salah satu penyusun CPU, kerja CPU juga dapat dipengaruhi oleh banyaknya jumlah core pada CPU. Semakin banyak jumlah core pada CPU, maka kerja dan kecepatan smartphone kalian akan semakin baik. Misalnya ada smartphone yang memiliki jumlah core hingga 6 core. Jumlah tersebut mampu untuk menunjang kecepatan kinerja dari smartphone, namun juga ada beberapa smartphone lain yang memiliki core lebih sedikit namun memiliki kinerja yang mampu bersaing dengan smartphone 6 core CPU.

















3. GPU





User komputer pasti mengenal dan mengerti fungsi dari komponen satu ini, tapi tenang saja bagi kalian yang belum mengenal dan mengerti tentang GPU akan Mimin bagikan ilmunya. GPU adalah chip yang bisa diprogram dan dispesialisasikan untuk berbagai kebutuhan tampilan atau display. GPU smartphone diciptakan bertujuan untuk membantu kerja dari CPU pada smartphone, supaya CPU smartphone tidak cepat mengalami kerusakan akibat beratnya kerja yang akan dilakukan oleh user. Selain dari tujuan itu, GPU juga memiliki beberapa fungsi yaitu mengatur grafik pada UI smartphone, grafik game, dan melakukan aktifitas dengan banyak data dan software secara bersamaan. Dalam hal ini, jika CPU melakukan kerja dari GPU. Maka akan menambah efek kerusakan semakin cepat karena kerja CPU yang berat.















4. Kapasitas RAM (Random Access Memory)






RAM (Random Access Memory) memang bukan faktor utama untuk menilai kecepatan smartphone. Namun RAM juga merupakan komponen penting. Saat menjalankan banyak aplikasi atau bermain game pasti tidak akan menjadi masalah jika kapasitas RAM yang dimiliki besar.
















5. Penyimpanan Internal Smartphone (ROM)






Selain RAM, kapasitas ROM yang ada pada smartphone juga sangat mempengaruhi kecepatan kerja dari smartphone. Sebagus apapun CPU, GPU, dan hardware yang dimiliki oleh smartphone. Jikalau dokumen dan file pada penyimpanan internal smartphone penuh, maka kecepatan kerja pada smartphone akan sangat berkurang. Oleh karena itu, kalian harus rutin melakukan pengecekan penyimpanan internal smartphone kalian. Supaya kalian dapat menggunakan smartphone dengan nyaman tanpa gangguan sedikitpun.




Itulah sedikit ilmu yang bisa Mimin bagikan kepada kalian semua. Mimin harap, ini bisa kalian jadikan sebagai pertimbangan untuk membeli smartphone dengan cara melakukan riset yang mendalam pada beberapa faktor di atas yang terdapat pada smartphone yang akan kalian beli nanti.










Mungkin cukup segitu aja artikel yang bisa Mimin share kali ini ke kalian semua, semoga bermanfaat ya sobat Zone Hack (≧▽≦). Di sini kita sama-sama belajar kok, Mimin juga masih belajar. Oh iya, jangan lupa komentarnya ya sobat Zone Hack biar kita selalu bisa terhubung dan bisa saling share informasi biar bloggernya makin hidup dan rame gitu. Mimin juga minta tolong ya ke sobat Zone Hack semua, jangan lupa share artikel dari Zona Hacking ini. Siapa tahu artikel ini bisa bantu teman kalian yang sedang belajar juga. Insyaallah ke depannya Mimin juga akan membuat artikel yang bermanfaat buat kalian semua, biar kita bisa sama-sama belajar dan terus belajar. Mimin mewakili tim dari Blog Zona Hacking meminta maaf kepada kalian semua apabila materi yang Mimin bagikan kurang bisa dipahami baik dalam segi bahasa, ataupun pemikiran dalam sengaja maupun tidak disengaja. Terimakasih banyak ya sobat Zone Hack (。•̀ᴗ-)✧.






Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

0 Comments