WiFi Laptop & PC Anda Hilang? Atasi dengan 5 Cara Ampuh Ini

WiFi Laptop & PC Anda Hilang? Atasi dengan 5 Cara Ampuh Ini









Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.



Apa kabar sobat? Semoga kalian baik-baik saja ya (。•̀ᴗ-)✧



Oh iya sobat, Mimin punya saran kepada kalian sebelum kalian membaca artikel ini, alangkah baiknya kalian sholat dulu ya bagi yang beragama muslim dan bagi non muslim jangan lupa untuk beribadah terlebih dahulu ya. Karena itu sebuah kewajiban yang tidak bisa ditawar lagi ( ꈍᴗꈍ). Oh iya, buat sobat yang baru mampir ke blogger ini. Mimin ucapin Selamat Datang ya, jangan malu-malu untuk bertanya di kolom komentar. Karena kalian di sini sudah seperti keluarga bagi Mimin, tapi kan virtual min? Virtual atau tidak, itu tidak masalah buat Mimin. Yang terpenting kita sudah menjadi satu keluarga (≧▽≦).


Pasti kalian semua sudah tidak asing lagi dengan benda modern yang namanya laptop kan? Yap, benda yang satu ini sangat sering digunakan untuk berbagai macam aktifitas manusia. Rata-rata pekerjaan yang bisa dikerjakan oleh laptop ini menggunakan WiFi, apa? kalian belum tahu "apa itu WiFi?". Baik, nih Mimin jelaskan di bawah ini ya. Dibaca dengan teliti ya biar gak ada salah paham.


WiFi merupakan komponen penting yang digunakan untuk mengakses informasi melalui jaringan internet. Dengan adanya WiFi, maka pekerjaan manusia akan semakin lebih mudah. Namun nih ya, paling kesel kalau ada WiFi, tapi pas diklik gak bisa nyala :v. Hal ini sering banget nih dialami oleh user laptop lama atau bahkan ada yang baru beberapa bulan beli laptop tapi fitur WiFinya gak bisa aktif. Lebih parahnya lagi fitur WiFinya gak muncul setelah nunggu booting selama beberapa menit.


Nah, kali ini Mimin akan membagikan materi tentang Cara Mengatasi WiFi yang Tidak Terdeteksi pada Laptop & PC. Ya udah deh, gak usah banyak basa-basi lagi. Langsung kita ke materi intinya, let's go 🏃🏃🏃





YUK SIMAK PENJELASANNYA BAIK-BAIK YA SOBAT (◠‿◕)



PASTIKAN KALIAN MEMBACA DENGAN CERMAT YA, DAN JANGAN LUPA SIAPKAN CEMILAN BUAT NAIKIN MOOD KALIAN (≧▽≦)







1. Aktifkan Layanan WiFi




Pertama-tama, kalian lakukan cara ini dulu aja. Selain cara ini adalah cara yang paling simpel, cara ini juga bertujuan untuk memeriksa apakah laptop yang kalian punya itu benar-benar ada kendala atau cuma proses booting yang tidak sistematis. Untuk melakukan cara ini sebenarnya mudah banget ya, mau tahu? Jawabannya ada di bawah ya🤭👇




ー Cari Icon WiFi dulu ya, lalu klik kanan dan pilih "Open Network and Sharing Center"
ー Tunggu beberapa detik hingga muncul fiturnya, pilih "Change Adapter Settings"
ー Pilih WiFi yang sering digunakan, Klik kanan dan pilih "Enable"



Lakukan cara ini dengan urut, kalau sudah direfresh masih belum bisa. Coba restart Laptop atau PC kalian.





2. Restart Laptop atau PC




Langkah ini biasanya sering banget nih dilakukan oleh user yang belum tahu cara pertama, tapi setelah kalian membaca artikel ini. Pastikan lakukan langkah pertama dulu ya kalau terjadi kendala seperti ini pada laptop atau PC kalian, setidaknya biar tahu kendalanya di bagian booting atau hardware laptop atau PC kalian dan biar lebih terlihat profesional gitu :v. Oke, buat yang belum tahu cara restart Laptop atau PC. Bisa langsung baca ini langkah-langkahnya :





ー Klik logo Windows pada pojok kiri bawah
ー Pilih Restart, kalau tidak ada restart. Klik Shutdown, setelah laptop atau PC kalian nonaktif. Kalian bisa langsung aktifin lagi tuh laptop atau PC kalian.









3. Aktifkan WLAN AutoConfig




Setelah kalian melakukan 2 cara di atas tapi tak kunjung selesai, tenang nih Mimin kasih 1 cara lagi. Cara ini digunakan untuk memeriksa apakah Service Windows kalian terhubung atau tidak. WLAN AutoConfig sendiri merupakan layanan yang berfungsi untuk mengonfigurasi keamanan pada wireless dan pengaturan konektivitas. Untuk mengaktifkan WLAN, lakukan langkah-langkah berikut :





ー Tekan Windows+R lalu ketik "service.msc" kemudian enter
ー Klik kanan pada menu "WLAN AutoConfig" dan pilih "Properties"
ー Jika muncul menu "StartUp Type", pilih "Automatic" dan klik "OK"
ー Close semua jendela fitur dan refresh selama beberapa detik, setelah itu restart Laptop atau PC kalian
 






4. Gunakan Command Prompt (CMD)





Cara ini digunakan untuk memperbaiki masalah yang ada pada sistem registrasi. Langsung aja kita ke langkahnya di bawah ini :




ー Tekan Windows+R lalu ketik "cmd" kemudian enter
ー Copy perintah perintah reg delete "HKCRCLSID{988248f3-a1ad-49bf-9170-676cbbc36ba3} /va /f" dan pastekan di CMD lalu enter
ー Masukkan perintah baru "netcfg -v -u dni_dne" lalu enter
ー Tunggu proses selesai, lakukan restart Laptop atau PC






5. Restart Router WiFi




Ini adalah cara terakhir setelah kalian melakukan semua cara di atas tapi tetap juga tidak terselesaikan. Cara ini hanya bisa dilakukan jika kalian mempunyai Router WiFi, gimana caranya? Mari kita bahas🗿




ー Matikan Router WiFi dari sumber listrik, dan cabut semua kabelnya
ー Tunggu selama beberapa menit, sambil buat mie juga gak apa-apa😆
ー Setelah dirasa cukup lama, pasang kembali semua kabel Router WiFi sesuai dengan arusnya. Pastikan semua kabel terpasang sesuai arus, kemudian nyalakan Router WiFi kembali
ー Periksa kembali laptop atau PC kalian, apakah fitur WiFinya sudah terhubung atau belum





Ya, itulah 5 Cara Mengatasi WiFi yang Tidak Terdeteksi pada Laptop atau PC. Lakukan cara itu secara urut ya, langkah terakhir bisa kalian skip kalau belum bisa atau kalian bisa telfon petugas layanan WiFi yang kalian gunakan untuk menyelesaikan masalah tersebut.






Mungkin cukup segitu aja artikel yang bisa Mimin share kali ini ke kalian semua, semoga bermanfaat ya sobat Zone Hack (≧▽≦). Di sini kita sama-sama belajar kok, Mimin juga masih belajar. Oh iya, jangan lupa komentarnya ya sobat Zone Hack biar kita selalu bisa terhubung dan bisa saling share informasi biar bloggernya makin hidup dan rame gitu. Mimin juga minta tolong ya ke sobat Zone Hack semua, jangan lupa share artikel dari Zona Hacking ini. Siapa tahu artikel ini bisa bantu teman kalian yang sedang belajar juga. Insyaallah ke depannya Mimin juga akan membuat artikel yang bermanfaat buat kalian semua, biar kita bisa sama-sama belajar dan terus belajar. Mimin mewakili tim dari Blog Zona Hacking meminta maaf kepada kalian semua apabila materi yang Mimin bagikan kurang bisa dipahami baik dalam segi bahasa, ataupun pemikiran dalam sengaja maupun tidak disengaja. Terimakasih banyak ya sobat Zone Hack (。•̀ᴗ-)✧.




Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

0 Comments