Apa itu Virus Trojan? Pengertian dan Cara Kerjanya

AreaHacking.com – Virus Trojan atau Trojan Horse merupakan malware yang sangat berbahaya dan dapat merusak sistem perangkat Anda, pada jaman teknologi seperti sekarang berbagai macam virus juga semakin canggih terutama virus trojan. Oleh karena itu, wajib bagi Anda untuk memahami apa itu virus trojan dan cara menghindarinya.

Dalam artikel ini, kami akan membahas apa itu virus trojan, cara kerjanya, dan memberikan panduan untuk melindungi diri Anda dari virus trojan

Baca Juga: Apa itu Virus RAT (Remote Access Trojan)

Apa itu Virus Trojan?

Trojan merupakan keluarga dari virus malware yang sangat berbahaya, tapi trojan memiliki sistem kerja yang berbeda dari virus pada umumnya. Trojan dapat menyelinap masuk ke perangkat target tanpa diketahui dan trojan biasanya menyamar sebagai file atau program biasa.

Layaknya kuda troya, trojan kerap sering kali menyamar sebagai file yang sering Anda download, misalnya seperti Game, Musik, Video, Software, dan program lainnya. Jadi, trojan bersembunyi di dalam file yang Anda download tadi, setelah Anda menjalankan atau membuka filenya maka virus trojan pun akan mulai menyerang perangkat Anda.

Fungsi-fungsi trojan ialah dapat menghapus, menyalin, membuat backdoor, melacak, mengontrol, bahkan merusak perangkat Anda, dan masih banyak lagi yang dapat trojan lakukan. Oleh karena itu trojan selalu bersembunyi dan sulit untuk terdeteksi oleh sistem.

Cara Kerja Virus Trojan

Tujuan trojan tergantung pada si pembuat virusnya, jika pembuat virusnya baik dan tidak mengganggu maka Anda bisa tenang sejenak dan mencari cara untuk menghapus virusnya. Tetapi, jika pembuat virusnya jahat maka Anda harus waspada karena dampak yang terjadi pada perangkat Anda bisa menyebabkan banyak kerusakan.

Trojan dapat menginfeksi berbagai macam perangkat, seperti komputer, laptop, ponsel, dan perangkat lainnya, bahkan trojan juga berjalan dilatar belakang sehingga dampaknya membuat performa perangkat menurun dan baterai cepat habis. Umumnya para hacker menggunakan trojan untuk mengontrol dan mengendalikan perangkat target dari jauh.

Trojan tidak dapat masuk ke perangkat Anda secara tiba-tiba, cara kerjanya adalah ketika pengguna mendownload, membuka, atau menjalakan sebuah program yang di dalamnya ada virus trojan. Setelah itu barulah trojan dapat menginfeksi atau mengontrol perangkat Anda, pentingnya untuk selalu waspada agar tidak terkena virus trojan.

Cara Menghindari Virus Trojan

Sekarang Anda sudah tahu apa itu virus trojan dan cara kerjanya, tapi Anda juga harus tahu bagaimana cara untuk menghindari dari serangan virus trojan. Karena jika Anda tidak waspada kemungkinan besar Anda dapat terkena serangan malware.

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk menghindari virus trojan:

1. Jangan Download File Sembarangan

Hindari hal ini Jika Anda sering download file bajakan atau file sembarangan, karena hal inilah yang dapat membuat Anda terkena serangan virus trojan. Pastikan sumbernya aman dan terpercaya sebelum Anda mendownload sebuah file.

2. Gunakan Antivirus Canggih

Antivirus terkadang cukup penting bagi semua orang guna untuk menjaga keamanan perangkatnya, gunakan antivirus dan anti malware supaya perangkat Anda aman dari serangan trojan.

3. Backup Data

Jangan lupa untuk selalu backup data-data penting yang Anda miliki, agar saat perangkat Anda terinfeksi malware Anda masih bisa memulihkan data tersebut.

4. Periksa Kondisi Perangkat Secara Rutin

Periksa status perangkat Anda apakah normal atau tidak normal, biasanya jika suatu perangkat terinfeksi trojan maka performanya akan turun dan lambat. Hal ini karena trojan berjalan dilatar belakang dan juga menghabiskan baterai.

5. Jangan Membuka Website yang Berbahaya

Tidak semua website itu aman, jadi perhatikan dan cermati apakah website tersebut tidak mengandung berbagai macam virus. Biasanya website yang berbahaya memuat banyak iklan pop-up, membuka link lain secara tiba-tiba, dan sejenisnya.

Kesimpulan

Pentingnya untuk selalu menjaga diri saat berselancar di internet, karena di luar sana sangat banyak virus bertebaran dan salah satunya trojan. Trojan tidak akan bisa menginfeksi perangkat Anda jika Anda dapat menjaga keamanan perangkat Anda, dengan mengikuti langkah-langkah diatas Anda tidak perlu khawatir terkena virus malware.

Sekian informasi dan tutorial dari kami semoga bermanfaat dan jangan lupa share artikel ini ya, supaya orang lain juga dapat ilmu.

1 Comments