Mengenal Apa Itu Virus RAT (Remote Access Trojan)

 

Virus RAT (Remote Access Trojan) adalah jenis virus malware yang sangat berbahaya, karena dirancang untuk memberikan akses jarak jauh ke komputer atau perangkat lain. Sebuah RAT biasanya tersembunyi di dalam file yang terlihat tidak berbahaya seperti file game,foto,video atau file aplikasi lainnya. Setelah file ini diunduh dan dijalankan, RAT akan mengambil alih komputer atau perangkat lain dan memberikan kontrol jarak jauh kepada si peretas.

Pernah mendengar berita tentang sekelompok orang melakukan penipuan online dan total korbannya mencapai 493 korban ? jika kalian belum mengetahui beritanya silahkan dicari, dengan menggunakan metode malware trojan mereka berhasil meraup 12 miliar rupiah dari para korbannya. Mereka mengirim sebuah aplikasi yang seharusnya tidak boleh di install oleh pengguna, apabila pengguna menginstall aplikasinya maka virus trojan tersebut bisa mengontrol ponsel dari jauh.

Baca Juga : Cara Membuat Virus RAT ( Remote Access Trojan )

Dengan akses jarak jauh ini, penyerang dapat melakukan berbagai tindakan yang merugikan pengguna komputer atau perangkat lainnya, seperti mencuri data pribadi, menginstal software tambahan, atau bahkan merusak sistem operasi. RAT dapat mengambil alih kamera dan mikrofon komputer untuk merekam aktivitas pengguna dan melakukan penyadapan yang tidak diinginkan.

Bagaimana Cara Menghindari Virus Malware

Oleh karena itu, penting untuk menjaga keamanan komputer dan perangkat lainnya dengan menghindari mengunduh dan menjalankan file yang tidak dikenal atau mencurigakan dari sumber yang tidak terpercaya. Selain itu, disarankan untuk memperbarui sistem keamanan dan perangkat lunak secara teratur dan menggunakan program antivirus yang andal untuk melindungi diri dari serangan malware. Perlu diketahui bahwa virus malware dapat menginfeksi perangkat apapun termasuk ponsel android,iPhone, laptop, komputer dan yang lainnya.

Sekian informasi dari saya semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk share artikel ini ya supaya orang lain juga dapat pengetahuan.

0 Comments