Apa itu Metasploit Framework ? Fungsi dan Cara Kerjanya

AreaHacking.com – Metasploit adalah salah satu alat pengujian penetrasi yang paling lengkap dan powerfull, metasploit biasanya digunakan pakar keamanan siber security atau seorang pentester. Metasploit didirikan oleh H. D. Moore dan sekarang dimiliki oleh perusahaan Rapid7 yang berbasis di USA.

Metasploit merupakan program keamanan komputer yang open-source dan gratis digunakan, metasploit dapat di install pada sistem operasi Kali Linux atau sistem operasi lainnya. Jika Anda menggunakan ponsel maka Anda dapat menginstal metasploit melalui termux.

Dengan Metasploit Framework Anda dapat menguji kerentanan, membuat exploit, membuat backdoor, dan masih banyak lagi yang dapat Anda lakukan. Di bawah ini saya akan menjelaskan apa saja fungsi dan cara kerja program metasploit.

Fungsi Metasploit Framework


Metasploit memiliki fungsi yang cukup banyak dan saya akan menjelaskan 5 fungsi penting metasploit, berikut adalah 5 fungsi penting metasploit :

1. Pengujian Kerentanan ( Vulnerability Testing )

Metasploit digunakan untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan memperbaiki sistem yang memiliki kelemahan. Dengan metasploit Anda dapat melakukan pengujian kerentanan pada sebuah sistem, dan mengevaluasi masalah tersebut.

2. Exploitation

Metasploit menyediakan serangkaian eksploit yang dapat Anda manfaatkan untuk kerentanan yang ditemukan, hal ini berguna untuk mengetahui sejauh mana sebuah sistem memiliki kelemahan. Selain itu, eksploit juga dapat memasuki sebuah sistem secara illegal dan bahkan merusaknya.

3. Penetrasi Jaringan

Metasploit dapat digunakan untuk melakukan uji penetrasi terhadap jaringan dan sistem komputer, dengan modul yang telah disediakan. Pengguna dapat mengakses sebuah jaringan dan mendapatkan informasi yang diinginkan.

4. Rekayasa Sosial Toolkit

Metasploit Social Engineering Toolkit adalah sebuah alat yang berbahaya, karena alat ini menyajikan berbagai jenis serangan sosial. Seperti Phishing, Backdoor, Serangan Email, Membuat replika jaringan palsu, dan masih banyak lagi serangan sosial lainnya.

Oleh karena itu, alat ini dianggap berbahaya dan biasanya sering digunakan peretas untuk mencari kelemahan seseorang.

5. Web Application Testing

Anda dapat menggunakan WMAP Web Scanner di metasploit untuk melakukan analisa pada website dan aplikasi, hal ini juga dapat mencegah serangan yang akan terjadi pada website dan aplikasi. Dengan alat ini Anda bisa mengetahui apakah website dan aplikasi Anda mempunyai kerentanan.

Cara Kerja Metasploit

 


Cara kerja metasploit sangat mudah dipahami dan di pelajari, metasploit memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan modul eksploitasi, menentukan dengan target, lalu menggunakannya pada sistem target. Namun, pengguna harus mencari kelemahan terlebih dahulu menggunakan alat seperti Nmap, WMAP, Nessus dan lainnya.

Setelah kerentanan pada sistem ditemukan, Anda dapat menggunakan modul eksploitasi yang sesuai dengan keinginan Anda. Jika eksploitasi berhasil, maka Anda berhasil mendapatkan akses ke sistem target.

Salah satu payload yang sering digunakan ialah Meterpreter, Meterpreter menyediakan shell interaktif kepada pengguna untuk memberikan perintah dan melakukan serangan terhadap sistem target.

Metasploit juga dapat membuat sebuah backdoor seperti yang kita jelaskan diatas, backdoor berfungsi untuk pintu belakang persisten jika sistem telah di-restart.

Sebenarnya cara kerja metasploit sangatlah banyak karena terdapat berbagai macam modul-modul dan perintah eksekusi, untuk lebih lengkapnya kalian bisa membaca dokumen yang tersedia pada website resmi Metasploit disini.

Kesimpulan

Sekarang Anda sudah mengetahui apa itu metasploit framework, fungsi, dan cara kerjanya. Anda dapat memanfaatkan metasploit sesuai kebutuhan, seperti menjaga keamanan jaringan, website, dan aplikasi. Jangan gunakan metasploit untuk tindakan kejahatan, gunakanlah metasploit untuk hal yang bermanfaat.

Sekian informasi dan tutorial dari kami semoga bermanfaat dan jangan lupa share artikel ini ya, supaya orang lain juga dapat ilmu.

0 Comments