Beredar Viral, Sebuah Video CCTV Membuat Sejumlah HP Error

 

Warganet belakangan ini dibuat panik oleh sebuah video rekaman CCTV yang telah beredar, sejumlah pengguna twitter dan tiktok juga memposting hal yang sama, mereka diduga terkena virus video tersebut hingga ponsel mereka mengalami forceclose, hang dan mati total.

Beberapa netizen beranggapan bahwa video tersebut merupakan milik Bjorka. Namun apa penyebab yang sebenarnya membuat ponsel error atau hang ketika memutar video tersebut ?

Penjelasan Ahli

Menurut Joshua Irsa (saya) sebagai ahli komputer serta hacking, saya yakin bahwa video tersebut bukanlah sebuah virus namun melainkan bug yang ada dibeberapa perangkat. Namun mungkin bisa saja video tersebut disisipkan sebuah malware oleh si pembuat videonya.

Bagaimana cara kerjanya?

Lantas bagaimana cara kerja video tersebut hingga membuat sebagian ponsel hang dan mati total, menurut saya ada 2 alasan ya terkait video itu. Pertama mungkin disebabkan oleh buffer overflow atau height overflow ga ada kaitannya sama virus, jadi ketika seseorang memutar videonya ditengah tengah durasi video itu resolusi atau tingkat dimensinya berlebihan sehingga menyebabkan ponsel hang atau restart dengan sendirinya. Jadi sebagian beberapa ponsel android tidak dapat menangani hal itu, tapi kalo spesifikasi pada ponsel tersebut mumpuni ya tidak akan terjadi apapun.

Alasan kedua mungkin disebabkan oleh sebuah virus malware yang telah disisipkan pada video tersebut, kalian tahu virus RAT (Remote Access Trojan) yang sebelumnya pernah saya bahas ? nah pada proses pembuatan virus trojan itu kita dapat memilih file mana yang ingin disisipi oleh malware. Jadi kemungkinan video itu ada virus malwarenya.

Tapi menurut saya kayaknya ga ada virusnya sama sekali di video tersebut, karena saya juga mempraktekkan sendiri pada ponsel saya, saya analisis dan tidak terjadi apapun pada ponsel saya. Tidak mengalami lag, restart ataupun mati total. Berikut adalah buktinya.

Saya memutarnya hingga selesai tidak terjadi apapun dan bahkan saya sempat melakukan screenshot videonya. Salah satu teman saya juga menyuruh saya untuk mengecek video tersebut apakah diponsel saya mengalami hang atau mati total.

Tetap saja tidak terjadi apapun dan bahkan teman saya menghapus videonya karena malu tidak ada efek apapun kepada ponsel saya haha.

Cara Menghindari Virtext Dan Segala Macamnya

Sebenarnya cara agar tidak terkena dampak sebuah virus cukup mudah, yaitu selalu update keamanan ponsel dan update ke versi android terbaru. Jangan pernah membuka file ataupun video dari orang yang tidak dikenal, terutama berbentuk aplikasi jangan pernah diinstall.

Cadangkan pesan WhatsApp kalian secara rutin apabila memang penting, misalnya ada berkas skripsi kuliah, berkas kerja dan sebagainya. Sehingga saat terjadi sesuatu pada aplikasi WhatsApp misalnya terkena virtext, kalian tetap memiliki cadangan chatnya, saran saya minimal backup chatnya sebulan sekali. Jadi apabila dikemudian hari kalian ganti hp bisa tinggal pulihkan saja chatnya.

Sekian informasi serta tips dan trik dari saya semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk share artikel ini supaya orang lain juga dapat ilmu.

0 Comments