Apa Arti Phishing ? Berikut Penjelasannya dan Cara Menghindarinya

 


Apa sih arti Phising itu ? kok sering banget orang jadi korban atas tindakan phising tersebut. Nah kalian pasti sering liat berita klo org jadi korban phising, biasanya rekening bank Haha 😂.

Mimin mau jelasin nih apa sih Phising itu dan bagaimana cara agar tidak terkena Phising.

Phishing

Phishing adalah upaya untuk mendapatkan informasi data seseorang dengan teknik pengelabuan. Data yang menjadi sasaran phising adalah data pribadi (nama, usia, alamat), data akun (username dan password), dan data finansial (informasi kartu kredit, rekening). 

Istilah resmi phising adalah phishing, yang berasal dari kata fishing yaitu memancing.
Kegiatan phising memang bertujuan memancing orang untuk memberikan informasi pribadi secara sukarela tanpa disadari. Padahal informasi yang dibagikan tersebut akan digunakan untuk tujuan kejahatan.

Pelaku phising biasanya menampakkan diri sebagai pihak atau institusi yang berwenang. Dengan menggunakan website atau email palsu yang tampak meyakinkan, banyak orang berhasil dikelabui.

Website Phising sudah sering dilakukan oleh para hacker untuk menjebak seseorang yg dia target atau menjebak seluruh orang agar dia mendapatkan sebuah keuntungan pribadi.

Bagaimana Cara Menghindari Phishing?


1. Jgn pernah mempercayai pesan SMS masuk. biasanya pelaku akan berusaha menjebak targetnya lewat SMS, ntah itu berupa tipuan dapet Pulsa,Dapet Undian atau Uang tunai dan segala macamnya.

2. Perhatikan setiap website yg memiliki ciri-ciri serupa. para hacker sering kali membuat web phising untuk mengelabui para korbannya agar mau memasukkan Informasi Data pada sebuah website.

3. Email Palsu. sering banget pelaku itu bikin email palsu terus ngirimin pesan iming-iming hadiah apapun itu, namun kdang pesan itu masuk kategori Spam, terkadang gk muncul dipesan masuk.

4. Jgn pernah kasih informasi sembarangan. Kalo bisa ya saat ngisi informasi itu pastiin layanan trsbut terpercaya, kadang kalo asal ngasih nomer WA bisa dispam chat Judi Online, bener kan 😂.

5. Akun Sosmed Palsu. seringkali para hacker bikin akun plagiat untuk mencari korban phisingnya, nah teknik ini dipadu dengan ilmu Social Engineering atau kata lainnya ilmu Sosiologi.

Dengan menerapkan 5 tips di atas kamu bisa menjaga dirimu dari serangan phising. Bagi kamu yang ingin belajar mengenai cara membuat website phising bisa cek disini ( Cara Membuat Website Phising ) Tapi ingat ya ini hanya untuk edukasi dan jangan di salahgunakan.

Sekian informasinya semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk bantu share ya, supaya orang lain juga dapat ilmu😁.

#Phising #BeritaCyber #Hacking #AreaHacking

0 Comments