MENGENAL LENGKAP TEMPLATE, PENGERTIAN, JENIS, FUNGSI dan TUJUAN TEMPLATE ー ZONA HACKING

MENGENAL LENGKAP TEMPLATE, PENGERTIAN, JENIS, FUNGSI dan TUJUAN TEMPLATE ー ZONA HACKING










Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh



Apa kabar sobat Zone Hack? Semoga kalian baik-baik saja ya (。•̀ᴗ-)✧



            Oh iya sobat Zone Hack, Mimin punya saran kepada kalian sebelum kalian membaca artikel ini, alangkah baiknya kalian sholat dulu ya bagi yang beragama muslim dan bagi non muslim jangan lupa untuk beribadah terlebih dahulu ya. Karena itu sebuah kewajiban yang tidak bisa ditawar lagi ( ꈍᴗꈍ). Oh iya, buat sobat Zone Hack yang baru mampir ke blogger ini. Mimin ucapin Selamat Datang ya, jangan malu-malu untuk bertanya di kolom komentar. Karena kalian di sini sudah seperti keluarga bagi Mimin, tapi kan virtual min? Virtual atau tidak, itu tidak masalah buat Mimin. Yang terpenting kita sudah menjadi satu keluarga (≧▽≦).



            Guys, kalian pernah gak sih bertanya di dalam hati kalian sendiri apa jadinya kalau jaringan internet tidak ada fitur yang bisa kalian gunakan seperti sekarang ini? Mungkin saja jaringan internet ini tidak akan memberikan fungsi yang banyak kepada masyarakat dunia. Pada artikel sebelumnya, Mimin sempat menyinggung tentang apa saja fitur yang tersedia di dalam jaringan internet salah satunya adalah website atau situs untuk perusahaan. Website yang kita maksud di sini adalah website dalam bentuk digital ya guys, Website di dalam jaringan internet ini digunakan untuk mencari berbagai macam kebutuhan penggunanya. Di dalam jaringan internet juga terdapat berbagai macam konten baik legal maupun ilegal, website atau alamat situs itulah yang menyimpan dan menampung berbagai macam konten. Website itu sendiri tersusun dari beberapa bagian sehingga menjadi sebauh satu kesatuan yang disebut website.



            Kalian pernah kepikiran gk, apa saja sih bagian website itu? Di dalam search engine dan jaringan internet, terdapat banyak sekali website, website toko online, website pemerintah, website pribadi, dan masih banyak lagi. Untuk membuat sebuah tampilan halaman website, tentunya seseorang harus memiliki kemampuan membuat barisan kode agar menjadi sebuah tampilan halaman website secara lengkap. Min, saya kan belum bisa bahasa pemrograman terus gimana saya bisa membuat tampilan halamannya? Terus apakah aku harusbisa bahasa pemrograman dulu biar bisa membuat tampilan website? Nah, Mimin punya kabar gembira nih buat kalian yang belum memiliki kemampuan membuat barisan kode atau lebih dikenal dengan sebutan koding. Untuk membuat tampilan website, kalian tidak terlalu wajib memiliki kemampuan ngoding. Kok bisa Min? Lantas, gimana caranya supaya saya bisa membuat tampilan website secara lengkap? Mungkin jawaban ini akan menjadi salah satu solusi kalian yang belum bisa membuat tampilan website, kalian bisa menggunakan "Template atau Framework". Lantas bagaimana caranya supaya saya bisa mendapatkan template itu Min? Kalau kalian masih memikirkan pertanyaan itu, mungkin artikel Mimin kali ini bisa sedikit menjawab rasa penasaran kalian. Pada artikel ini Mimin akan membagikan materi seputar Template mulai dari Pengertian, Jenis-jenis Template dan Framework Website, serta mungkin masih banyak hal lain lagi yang akan Mimin bahas pada artikel kali ini. Jadi buat kalian yang ingin tahu semuanya tentang firewall, dan materi seputar teknologi lainnya. Kalian bisa baca artikel ini sampai selesai ya.




YUK SIMAK PENJELASANNYA BAIK-BAIK YA SOBAT ZONE HACK (◠‿◕)




PASTIKAN KALIAN MEMBACA DENGAN CERMAT YA, DAN JANGAN LUPA SIAPKAN CEMILAN BUAT NAIKIN MOOD KALIAN (≧▽≦)



            Sebagai awalan materi, alangkah baiknya Mimin jelaskan terlebih dahulu ya tentang apa itu firewall. Ini bertujuan untuk membantu kalian dalam memahami materi yang akan Mimin sampaikan secara lebih rinci.


        1. Pengertian Template dan Framework



            Template adalah paket dokumen yang berisi beberapa file yang isinya merupakan berbagai tampilan halaman website yang saling terkait antara satu halaman dengan halaman lainnya, biasanya file template yang kalian download sudah dikompres ke dalam bentuk .zip dengan tujuan memudahkan user ketika mendownloadnya.


            Sedangkan Framework merupakan kerangka kerja yang berguna untuk membuat aplikasi baik dalam bentuk website ataupun dalam bentuk desktop (software). Untum membuat website menggunakan framework, kalian juga harus memiliki pengetahuan bahasa pemrograman. Karena framework berisi header, navbar, layout, dll. Berbeda halnya dengan template, di dalam template kalian hanya perlu mengubah atau mengedit tulisan pada tampilan halaman website yang tidak sesuai dengan kebutuhan kalian. Framework memiliki keuntungan yaitu kalian bisa menggunakannya untuk membuat halaman website sesuai dengan keinginan kalian yang mungkin framework juga bisa dipadukan dengan tailwind CSS supaya tampilan halaman website yang kalian buat memiliki nilai atau keunggulan tersendiri bagi user.


            Framework dan Template memiliki fungsi yang sama yaitu mempermudah kinerja seseorang dalam membuat barisan kode, namun fungsi pada template lebih menguntungkan karena hanya merubah tulisan, bukan merangkai kode menjadi tampilan halaman sesuai dengan keinginan dan template untuk orang yang belum mempunyai kemampuan membuat barisan kode (ngoding).




        2. Jenis-jenis Template

            A. Template Website Design



            Seperti namanya, template ini berisi semua komponen halaman website, biasanya file template ini berbentuk .zip. Jika sudah mendownload template, user hanya perlu merubah nama logo, navbar, dan konten lain yang dirasa tidak dibutuhkan. Bukan hanya bisa diedit saja, di dalam barisan kode template seseorang juga bisa menambahkan beberapa kontent. Kalian juga bisa mengganti warna pada navbar, menambahkan desain di halaman lain, dan masih banyak lagi. Kalian bisa mendownload template ini secara gratis, jika kalian ingin merasakan fitur yang lebih luas, maka kalian juga dapat membeli versi berbayarnya dengan design template yang sama.



            B. Email Template




            Template jenis ini digunakan untuk memberikan struktur yang tidak disediakan oleh tema email default, biasanya template ini digunakan untuk undangan berbagai acara seperti acara kampanye (campaign).



            C. Form Template



            Berfungsi untuk menangani data yang akan ditampilkan dan diambil oleh penggunanya.


            D. Template Pemrograman



            Template ini berisi tentang kumpulan kode suatu bahasa pemrograman yang dikumpulkan beberapa komponennya yang bertujuan untuk mempermudah dan mempercepat seorang developer dalam membuat tampilan halaman website, template ini bisa disebut juga dengan framework. Contohnya pada bahasa PHP CodeIgniter yang memiliki library atau perpustakaan yang berisi kumpulan kode untuk membuat halaman website, hal inilah yang disebut framework.



        3. Fungsi dan Tujuan Template

            A. Mempermudah dan Mempercepat Kerja Developer

            Seorang developer akan mengalami kesusahan apabila ia harus mengejar deadline pekerjaannya jika harus mengoding dari awal, di sinilah fungsi utama dari template atau framework, bagi seorang awam dan seorang developer, template sangatlah penting untuk mereka. Karena dengan template, developer atau orang awam pun bisa memilih tampilan website yang mereka suka, mendownloadnya, kemudian merubah tampilan isi kodenya tanpa harus membuat struktur kode atau barisan kode dari awal.


            B. Bebas Memilih Design

            Dengan tersedianya banyak template, seseorang dapat memilih berbagai macam tema yang disukai dan user dapat mendownloadnya secara gratis dan tanpa batasan download. Jika user memilih untuk menggunakan framework, maka user tersebut lebih memiliki kebebasan untuk mengatur, membuat, dan mengelola website yang akan dia buat agar menjadi semakin menarik ketika dipublikasikan ke internet.




Min, kok sering membuat konten pengertian dan materi dari bagian website sih? Udah kayak ensiklopedia aja.


Itu karena Mimin ingin ngasih tahu ke kalian bahwa sebelum kalian melakukan sesuatu, kalian harus mengetahui dasarnya terlebih dahulu supaya apa yang kalian lakukan itu tidak sia-sia. Ini juga materi untuk orang yang baru mengenal bagian website, teknologi, dan lain-lain.


            Mungkin cukup segitu aja artikel yang bisa Mimin share kali ini ke kalian semua, semoga bermanfaat ya sobat Zone Hack (≧▽≦). Di sini kita sama-sama belajar kok, Mimin juga masih belajar. Oh iya, jangan lupa komentarnya ya sobat Zone Hack biar kita selalu bisa terhubung dan bisa saling share informasi biar bloggernya makin hidup dan rame gitu. Mimin juga minta tolong ya ke sobat Zone Hack semua, jangan lupa share artikel dari Zona Hacking ini. Siapa tahu artikel ini bisa bantu teman kalian yang sedang belajar juga. Insyaallah ke depannya Mimin juga akan membuat artikel yang bermanfaat buat kalian semua, biar kita bisa sama-sama belajar dan terus belajar. Mimin mewakili tim dari Blog Zona Hacking meminta maaf kepada kalian semua apabila materi yang Mimin bagikan kurang bisa dipahami baik dalam segi bahasa, ataupun pemikiran dalam sengaja maupun tidak disengaja. Terimakasih banyak ya sobat Zone Hack (。•̀ᴗ-)✧.



Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.


0 Comments