MENGENAL LENGKAP FIREWALL, PENGERTIAN, SEJARAH, JENIS, MANFAAT dan CARA KERJA FIREWALL ー ZONA HACKING

MENGENAL LENGKAP FIREWALL, PENGERTIAN, SEJARAH, JENIS, MANFAAT dan CARA KERJA FIREWALL ー ZONA HACKING





Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.



Apa kabar sobat Zone Hack? Semoga kalian baik-baik saja ya (。•̀ᴗ-)✧



            Oh iya sobat Zone Hack, Mimin punya saran kepada kalian sebelum kalian membaca artikel ini, alangkah baiknya kalian sholat dulu ya bagi yang beragama muslim dan bagi non muslim jangan lupa untuk beribadah terlebih dahulu ya. Karena itu sebuah kewajiban yang tidak bisa ditawar lagi ( ꈍᴗꈍ). Oh iya, buat sobat Zone Hack yang baru mampir ke blogger ini. Mimin ucapin Selamat Datang ya, jangan malu-malu untuk bertanya di kolom komentar. Karena kalian di sini sudah seperti keluarga bagi Mimin, tapi kan virtual min? Virtual atau tidak, itu tidak masalah buat Mimin. Yang terpenting kita sudah menjadi satu keluarga (≧▽≦).


            Guys, kalian pernah gak sih bertanya di dalam hati kalian sendiri apa jadinya kalau jaringan internet tidak ada fitur yang bisa kalian gunakan seperti sekarang ini? Mungkin saja jaringan internet ini tidak akan memberikan fungsi yang banyak kepada masyarakat dunia. Pada artikel sebelumnya, Mimin sempat menyinggung tentang apa saja fitur yang tersedia di dalam jaringan internet salah satunya adalah website atau situs untuk perusahaan. Website yang kita maksud di sini adalah website dalam bentuk digital ya guys, Website di dalam jaringan internet ini digunakan untuk mencari berbagai macam kebutuhan penggunanya. Di dalam jaringan internet juga terdapat berbagai macam konten baik legal maupun ilegal, website atau alamat situs itulah yang menyimpan dan menampung berbagai macam konten. Website itu sendiri tersusun dari beberapa bagian sehingga menjadi sebauh satu kesatuan yang disebut website.


            Kalian pernah kepikiran gk, apa saja sih bagian website itu? Di dalam search engine dan jaringan internet, terdapat banyak sekali website, website toko online, website pemerintah, website pribadi, dan masih banyak lagi. Dalam membuat sebuah website yang akan dioptimasi kan dengan baik dan benar, maka seorang developer perlu menggunakan sebuah software atau layanan yang berguna untuk mengamankan website buatannya dari berbagai macam serangan cyber crime. Nah, pada pembahasan materi kemarin Mimin sudah sedikit menyinggung tentang Firewall. Buat kalian yang belum tahu mengenai firewall, kalian bisa baca artikel ini sampai selesai ya sobat Zon Hack. Min, kenapa bahas firewall sih? Karena firewall juga salah satu bagian penting dari pembuatan website, supaya website yang kalian buat tetap aman dari berbagai macam jenis cyber crime. Kalau kalian masih memikirkan pertanyaan itu, mungkin artikel Mimin kali ini bisa sedikit menjawab rasa penasaran kalian. Pada artikel ini Mimin akan membagikan materi seputar Firewall mulai dari Sejarah, Pengertian, Jenis-jenis Firewall dan mungkin masih banyak hal lain lagi yang akan Mimin bahas pada artikel kali ini. Jadi buat kalian yang ingin tahu semuanya tentang firewall, dan materi seputar teknologi lainnya. Kalian bisa baca artikel ini sampai selesai ya.






YUK SIMAK PENJELASANNYA BAIK-BAIK YA SOBAT ZONE HACK (◠‿◕)



PASTIKAN KALIAN MEMBACA DENGAN CERMAT YA, DAN JANGAN LUPA SIAPKAN CEMILAN BUAT NAIKIN MOOD KALIAN (≧▽≦)




            Sebagai awalan materi, alangkah baiknya Mimin jelaskan terlebih dahulu ya tentang apa itu firewall. Ini bertujuan untuk membantu kalian dalam memahami materi yang akan Mimin sampaikan secara lebih rinci. Semoga ilmu yang Mimin share ini bisa bermanfaat untuk kalian.


        1. Pengertian Firewall




            Apa itu Firewall? Sebuah pertanyaan sederhana dari seseorang yang dapat membuat pusing bagi seseorang yang tidak mengetahui apa itu firewall. Firewall adalah sebuah software komputer yang mampu melindungi komputer dari Virus, Malware, Ransomware, Exploit, Metasploit, dan dari berbagai acaman lainnya yang bersifat merusak jaringan komputer, website, beserta semua komponennya. Jika dilihat dari pengertiannya, Firewall memiliki fungsi untuk melindungi komputer, website, atau perangkat lainnya dari berbagai macam ancaman cyber crime dan kendala yang bersifat mengganggu jalannya aktifitas jaringan internet di dalam komputer.


            Min, apakah firewall sangat dibutuhkan untuk mengamankan website dan semua komponen yang ada di dalam komputer? Jika melihat dari fungsinya yang mampu melindungi berbagai macam jenis cyber crime, maka firewall sangat penting bagi komputer. Memang ada beberapa software yang mampu melindungi dari virus, namun itu hanya pada satu ancaman saja. Sedangkan Firewall mampu melindungi berbagai jenis cyber crime dalam satu software. Selain fungsi di atas, tugas utama dari firewall adalah mengontrol jalannya aktifitas jaringan internet sesuai dengan peraturan keamanan yang telah ditetapkan.


        2. Sejarah Firewall




            Firewall ditemukan pada tahun 1980 dalam wujud perangkat keras (hardware) berupa router yang digunakan untuk memisahkan jaringan network menjadi jaringan yang lebih sederhana. Pada keadaan tersebut, firewall hanya untuk mengurangi masalah sipll over data dari Local Network ke seluruh jaringan. Sedangkan pada bidang keamanan jaringan komputer, firewall mulai digunakan pada tahun 1990 dalam wujud router IP dengan cara kerja menggunakan sistem penyaringan yang sesuai dengan peraturan pada tahun itu.

            Seiring berjalannya tahun, firewall semakin berkembang dan firewall pada generasi selanjutnya lebih fleksibel dan lebih canggih daripada versi sebelumnya. Firewall ini memiliki "bastion hosts", dan firewall ini adalah firewall pertama yang menggunakan sistem penyaringan dan sistem gateaway mungkin firewall ini merupakan produk dari DEC (Digital Equipment Corp). Pada tahun 1994, CheckPoint juga merilis Firewall-1 yang lebih mudah digunakan di dunia keamanan jaringan internet. Perbedaan firewall ini dari versi sebelumnya adalah pada versi ini memiliki ikon, warna, konfigurasi berbasis X-11, dan antarmuka management (Management Interface) yang sangat memudahkan user dalam proses instalasi dan administrasi firewall, namun firewall sebelum ini tidak mempunyai fitur sebanyak itu. 


        3. Jenis-jenis Firewall

            Berdasarkan jenisnya, firewall memiliki 2 jenis yaitu firewall hardware dan software yang memiliki kesamaan fungsi namun memiliki pengaturan yang berbeda. Lalu, seperti apa pengaturannya? Yuk, lanjut baca sampai selesai ya sobat Zone Hack (。•̀ᴗ-)✧

        A. Firewall Berbasis Hardware

            Jika membaca kata Hardware, tentu kita akan membayangkan hardware komputer. Hardware biasanya diletakkan berada di luar jaringan komputer, namun hardware pada firewall ini berada di dalam sistem jaringan. Contoh alat yang memiliki firewall hardware adalah router. Firewall jenis ini membutuhkan konfigurasi atau pengaturan supaya dapat beroperasi secara tepat dan efektif. Sebelum menjalankan hardware firewall, kita harus menentukan packet utama, fungsi, dan tujuan menjalankan firewall jenis ini sehingga firewall dapat bekerja dengan baik, efektif, dan benar. Jika kita sudah menentukan semua faktor di atas, maka firewall ini akan otomatis memilah unsur-unsur yang akan dibuang dan yang akan dilanjutkan ke fase atau proses berikutnya.

        B. Firewall Berbasis Software

            Firewall ini berada di dalam sistem komputer yang berbentuk seperti software pada umumnya, firewall jenis ini biasanya dipakai oleh pengguna internet di rumah untuk melindungi berbagai serangan cyber dan untuk memastikan serta menjaga agar komputer tetap berjalan dengan lancar untuk bekerja. Firewall memiliki software yang terpisah dengan fitur antivirus, dan ada juga yang bergabung dengan layanan antivirus. Firewall jenis ini juga mempunyai fungsi untuk melindungi trafik inbound dan outbound pada aktifitas jaringan komputer.


        4. Manfaat Firewall

        A. Melindungi Data User dari Serangan Hacker




            Seorang hacker bisa saja menggunakan berbagai cara untuk melakukan berbagai macam serangan cyber kepada target, salah satunya menggunakan metasploit. Jika seorang user tidak memberikan software sejenis antivirus atau firewall, maka seorang hacker akan dengan mudah melihat, membobol, dan melakukan penyerangan pada komputer target untuk kebutuhan pribadi.

        B. Memblokir Konten yang Bersifat Vulgar




            Seperti prinsip kerja pada antivirus, firewall juga akan memblokir berbagai macam konten yang bersifat negatif dan membahayakan bagi perangkat komputer dengan cara memberikan notifikasi atau pemberitahuan kepada user ketika terdapat file, virus, atau ancaman yang bersifat ilegal dan membahayakan lainnya.

        C. Menambah Pengamanan Konten Game Online




            Mungkin fungsi ini menjadi fungsi atau manfaat firewall yang paling kalian sukai, dengan adanya firewall, seorang gamer tidak perlu terlalu khawatir dengan berbagai ancaman virus yang ada pada software game online yang kalian mainkan. Hal ini akan berdampak pada meningkatnya kenyamanan seorang user dalam memainkan game online.




Setelah mengetahui beberapa ilmu tentang Firewall, alangkah lebih baiknya kita juga belajar mengetahui, dan memahami bagaimana cara kerja dari firewall. Mau tahu Caranya? Baca terus ya sobat Zone Hack (✿^‿^)




        5. Cara Kerja Firewall

            Firewall bekerja dengan cara mengawasi dan melindungi jalannya berbagai aktivitas jaringan komputer yang keluar masuk dan memastikan data dan berbagai software lainnya tetap aman.

            Firewall akan menyaring setiap paket data yang masuk melalui jaringan internet, kemudian data yang memenuhi persyaratan keamanan akan dilanjutkan ke proses selanjutnya untuk diolah lebih rinci lagi. Jika paket data tidak lolos dalam pengawasan akan tidak akan mendapatkan izin akses untuk memasuki ruang penyimpanan di komputer.

            Firewall memiliki cara untuk menyaring setiap data yang masuk dan keluar dengan menggunakan sistem penyaringa keamanan dan peraturan sistem penyaringan yang berlaku. Selanjutnya, paket yang berhasil masuk akan disaring kembali agar mendapatkan keamanan yang lebih terjamin.

            Apabila terdapat data yang mencurigakan, maka firewall akan otomatis mendeteksi dan memberikan peringatan kepada user bahwa file atau paket data yang dia install terdapat virus, malware, backdoor, dan ancaman lain. Sehingga user bisa dengan cepat mengambil keputusan dalam menindaklanjuti file tersebut.




            Mungkin cukup segitu aja artikel yang bisa Mimin share kali ini ke kalian semua, semoga bermanfaat ya sobat Zone Hack (≧▽≦). Di sini kita sama-sama belajar kok, Mimin juga masih belajar. Oh iya, jangan lupa komentarnya ya sobat Zone Hack biar kita selalu bisa terhubung dan bisa saling share informasi biar bloggernya makin hidup dan rame gitu. Mimin juga minta tolong ya ke sobat Zone Hack semua, jangan lupa share artikel dari Zona Hacking ini. Siapa tahu artikel ini bisa bantu teman kalian yang sedang belajar juga. Insyaallah ke depannya Mimin juga akan membuat artikel yang bermanfaat buat kalian semua, biar kita bisa sama-sama belajar dan terus belajar. Mimin mewakili tim dari Blog Zona Hacking meminta maaf kepada kalian semua apabila materi yang Mimin bagikan kurang bisa dipahami baik dalam segi bahasa, ataupun pemikiran dalam sengaja maupun tidak disengaja. Terimakasih banyak ya sobat Zone Hack (。•̀ᴗ-)✧.




Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

0 Comments