CARA MEMBUAT WEBSITE, JENIS-JENIS, DAN MACAM-MACAM TEMPLATE WEBSITE ー ZONA HACKING

CARA MEMBUAT WEBSITE, JENIS-JENIS, DAN MACAM-MACAM TEMPLATE WEBSITE ー ZONA HACKING





Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh



Apa kabar sobat Zone Hack? Semoga kalian baik-baik saja ya (。•̀ᴗ-)✧


            Oh iya sobat Zone Hack, Mimin punya saran kepada kalian sebelum kalian membaca artikel ini, alangkah baiknya kalian sholat dulu ya bagi yang beragama muslim dan bagi non muslim jangan lupa untuk beribadah terlebih dahulu ya. Karena itu sebuah kewajiban yang tidak bisa ditawar lagi ( ꈍᴗꈍ). Oh iya, buat sobat Zone Hack yang baru mampir ke blogger ini. Mimin ucapin Selamat Datang ya, jangan malu-malu untuk bertanya di kolom komentar. Karena kalian di sini sudah seperti keluarga bagi Mimin, tapi kan virtual min? Virtual atau tidak, itu tidak masalah buat Mimin. Yang terpenting kita sudah menjadi satu keluarga (≧▽≦).


            Guys, kalian pernah gak sih bertanya di dalam hati kalian sendiri apa jadinya kalau jaringan internet tidak ada fitur yang bisa kalian gunakan seperti sekarang ini? Mungkin saja jaringan internet ini tidak akan memberikan fungsi yang banyak kepada masyarakat dunia. Pada artikel sebelumnya, Mimin sempat menyinggung tentang apa saja fitur yang tersedia di dalam jaringan internet salah satunya adalah website atau situs untuk perusahaan. Website yang kita maksud di sini adalah website dalam bentuk digital ya guys, Website di dalam jaringan internet ini digunakan untuk mencari berbagai macam kebutuhan penggunanya. Di dalam jaringan internet juga terdapat berbagai macam konten baik legal maupun ilegal, website atau alamat situs itulah yang menyimpan dan menampung berbagai macam konten. Website itu sendiri tersusun dari beberapa bagian sehingga menjadi sebauh satu kesatuan yang disebut website.


            Kalian pernah kepikiran gk, apa saja sih bagian website itu? Di dalam search engine dan jaringan internet, terdapat banyak sekali website, website toko online, website pemerintah, website pribadi, dan masih banyak lagi. Kalau kalian masih memikirkan pertanyaan itu, mungkin artikel Mimin kali ini bisa sedikit menjawab rasa penasaran kalian. Pada artikel ini Mimin akan membagikan materi seputar website mulai dari Jenis-jenis, Macam-macam Framework, Cara Membuat Website tersebut dan mungkin masih banyak hal lain lagi yang akan Mimin bahas pada artikel kali ini. Jadi buat kalian yang ingin tahu semuanya tentang website, dan materi seputar teknologi. Kalian bisa baca artikel ini sampai selesai ya. Oh iya sobat Zone Hack, kali ini Mimin akan melanjutkan materi kemarin tapi bagian atau part yang ke 2 ya (◠‿◕)



YUK SIMAK PENJELASANNYA BAIK-BAIK YA SOBAT ZONE HACK (◠‿◕)



        Mimin mau minta maaf nih kepada sobat Zone Hack semuanya, mungkin ada yang kurang paham dengan berbagai dampak negatif dari adanya website ini tanpa penjelasan yang lebih detail. Nah, pada kesempatan kali ini. Mimin akan memberikan penjelasannya nih sobat Zone Hack.





PASTIKAN KALIAN MEMBACA DENGAN CERMAT YA, DAN JANGAN LUPA SIAPKAN CEMILAN BUAT NAIKIN MOOD KALIAN (≧▽≦)




        1. Jenis-jenis Website

            Mungkin sebagian dari kalian belum mengetahui dan mengenal jenis website berdasarkan fungsinya, mengetahui jenis-jenis website juga dapat membantu kalian ketika ingin membuat suatu website sesuai dengan kebutuhan, mulai dari website pribadi, website sekolah, website bisnis, dan masih banyak lagi. Pasti kalian pengen tahu kan, apa saja jenis-jenis website? Langsung saja Mimin mulai materinya ya ( ꈍᴗꈍ)


            A. Website Pribadi




            Seperti namanya, website ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan data pribadi. Biasanya, para developer mengisi website ini dengan blogger, CV Perusahaan, dan masih banyak lagi. Website Pribadi bisa memiliki banyak fungsi, selain sebagai tempat penyimpanan data pribadi. Website Pribadi juga bisa dijadikan sebagai blogger untuk menulis beberapa karya yang bisa menghasilkan uang dari internet.


        B. Website Toko Online



            Seperti namanya, website ini berfungsi untuk toko yang berwujud digital. Menurut Mimin, website ini memiliki keuntungan paling banyak di antara jenis website lainnya jika dilihat dari skala konsumen yang luas.


        C. Website Perusahaan



            Di era sekarang, mempunyai website sudah menjadi sebuah keharusan. Selain untuk menyimpan berbagai data secara rapi, website perusahaan juga bisa digunakan sebagai promosi, sarana penyampaian informasi ke khalayak umum, dan sebagainya.


        D. Website Berita




            Website ini bisa dikatakan sebagai website yang paling sering kalian temui, fungsi dari website jenis ini adalah untuk menulis artikel berupa peristiwa yang sedang terjadi di dalam kehidupan sehari-hari. Dari website ini juga kita dapat mengetahui informasi terbaru yang terjadi di dalam negeri maupun luar negeri tanpa perlu melihat peristiwa tersebut secara langsung dan mengeluarkan biaya yang besar.



        E. Website Komunitas



            Website ini biasanya berisi data mengenai komunitas tersebut mulai dari sejarah, tujuan, visi misi, anggota, ketua, dan lain-lain. Website ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan blogger, hanya saja website jenis ini mencakup pengenalan organisasi, bukan perorangan.






        2. Jenis-jenis Template atau Framework

               Template adalah contoh dari tampilan website yang berfungsi untuk mempermudah dan mempercepat pembuatan website bagi pengguna atau developer, ada banyak perusahaan yang menyediakan layanan template atau framework gratis untuk developer. Kalian mau tahu perusahaan apa saja yang memberikan layanan framework atau template gratis untuk website ataupun blogger? Lanjut yuk bacanya sobat Zone Hack (。•̀ᴗ-)✧


            A. WordPress




WordPress adalah sebuah perusahaan yang menyediakan berbagai layanan yang berhubungan dengan website, salah satunya template. Template Wordpress menjadi salah satu template yang paling sering digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia, selain mudah diakses. Template ini juga memiliki banyak fitur menarik yang mampu membuat pengguna merasakan User Experience yang berbeda.

Mimin akan sedikit menjelaskan tentang sejarah WordPress, WordPress dibangun sekitar tahun 2003 yang didirikan oleh Matt Mullenweg dan Mike Little yang berawal dari sebuah kendala tidak memiliki publishing secara online. Dari kendala tersebut, mereka mengembangkan layanan publikasi online dengan berbagai macam ide dan cara yang mereka miliki. Kemudian, tepatnya pada tahun 2004. Mereka berdua mempublikasikan karya pertamanya dalam bentuk yang masih sederhana dan memiliki fitur WordPress editor. WordPress editor sendiri memiliki fungsi untuk mempermudah user atau developer dalam membuat website sesuai dengan keinginan, design, dan kebutuhan. Mereka berdua mempertahankan fitur tersebut karena dirasa masih sangat berguna bagi banyak orang hingga kini.

            B. OpenCart




            Seperti halnya WordPress, OpenCart juga dikembangkan oleh 2 developer yaitu Daniel Kerr dan Q. Phoria sekitar tahun 2010 yang bertepatan dengan perilisan OpenCart versi pertama tepatnya pada tanggal 19 Desember 2010. Lain halnya dengan WordPress, OpenCart menyediakan berbagai macam template namun template khusus di bidang toko online. Hingga saat ini, OpenCart telah merilis beberapa versi. Namun, pada versi terbarunya ini, OpenCart menambahkan beberapa fitur di antaranya Order Editing System, Integration with Maxmind Anti Fraud System, Changed the Cart Page, yang mungkin masih banyak fitur lain yang disediakan oleh OpenCart yang belum Mimin tahu dan gunakan. OpenCart memiliki beberapa keunggulan yang lebih unggul jika dibandingkan dengan Template pada CMS lain, di antaranya seperti di bawah ini :

• Memiliki Kategori Produk yang Tidak Terbatas

• Unlimited Manufaktur

• Unlimited Page

• Unlimited Module Instance System

• Mata Uang Multi


            Itulah beberapa keunggulan dari OpenCart, mungkin sobat Zone Hack ingin mengetahui lebih rinci tentang OpenCart. Akan Mimin buat pada artikel selanjutnya, jadi jangan lupa cek artikel Zona Hacking ya sobat Zone Hack (。•̀ᴗ-)✧


            C. Joomla




            Joomla termasuk ke dalam salah satu jenis CMS (Content Management System) yang berbasis PHP, Webserver, dan database MySQL. Joomla diperkirakan rilis sekitar tahun 2005, Joomla mempunyai toolkit desain yang lebih powerfull, fleksibel, dan mempunyai fitur yang lengkap dari sisi front-end dan back-end development. Bagi kalian yang ingin menggunakan CMS ini, Mimin sarankan kalian harus benar-benar memahami dan mengetahui materi PHP, Webserver, dan database MySQL yang saling terhubung satu sama lain sehingga kalian bisa memahami bagaimana cara merubah dan menata ulang CMS tersebut sesuai dengan kebutuhan.



            D. Drupal




            Drupal didirikan oleh seorang yang lahir di Belgia bernama Dries Buytaert pada tahun 1998 dan 1999, perjalanan drupal melalui beberapa pengalaman Dries yang menamai drupal dengan nama "Dorpje" (sebuah Forum Diskusi sederhana milik Dries) dari bahasa Belanda yang mempunyai arti sebagai Desa kecil, namun pada saat mendaftarkan nama domain. Dries salah mengetik Dorpje menjadi drop.org, dikarenakan nama tersebut belum ada yang memilikinya untuk dijadikan nama domain. Dries tetap mempertahankan nama tersebut, hingga Dries mendapatkan banyak ide dan fitur baru dari orang lain yang tertarik dengan forum tersebut. Kemudian Drie melakukan riset pada pasokan RSS, Moderasi Konten, dan Teknologi Internet lainnya. Setelah berkembang begitu pesat, Dries merubah nama drop menjadi drupal.



           E. Magento




            Magento beridiri sejak tahun 2008 yang didirikan oleh Roy Rubinp, magento juga sempat mengalami beberapa kali pemidahan akuisisi dan akhirnya sampai saat ini Magento masih dimiliki oleh Adobe. Magento merupakan salah satu CMS yang memiliki kapasitas dan kerja yang powerfull selain OpenCart, fungsi Magento juga sama seperti pada template OpenCart. Namun, Magento berbeda dengan OpenCart. Magento memiliki salah satu keuntungan yakni bisa melakukan proses penginstallan secara offline. Hal ini tentu sangat membantu pengguna ketika sedang berada di daerah luar yang jaug dari jangkauan koneksi internet.

Setelah mengetahui berbagai macam jenis template dan fungsinya, pada materi selanjutnya Mimin akan share tentang cara membuat website. Bagi orang yang mendalami teknologi mungkin ini dianggap mudah, namun bagi orang yang belum pernah mendalami teknologi hingga bisa dikatakan gaptek (Gagap Teknologi). Membuat website sendiri mungkin menjadi hal yang sulit, tapi tenang saja. Kali ini Mimin akan membagikan tips atau cara membuat website sendiri, jadi baca dengan cermat ya sobat Zone Hack supaya tidak mengalami kesalahpahaman dalam mencerna informasi (✿^‿^)





        3. Cara Membuat Website

            Ketika seseorang ingin membuat sesuatu, pastilah mereka harus mempunyai alat dan bahan yang harus mereka persiapkan. Demikian pula membuat website, bagi kalian yang ingin membuat website sendiri. Kalian harus menyiapkan modal nih untuk membeli beberapa bahan yang akan kalian butuhkan, bahan-bahannya antara lain seperti di bawah ini :


            A. Bahan-bahan

• Akun Hosting

• Domain

• Template (Jika kalian belum bisa sepenuhnya membuat website dengan cara coding).



            B. Langkah-langkah

• Siapkan modal untuk membeli bahannya

• Tentukan tipe website yang akan kalian buat (website pribadi, berita, toko online, dll)

• Pilih layanan hosting terbaik menurut kalian

• Buat nama domain / Beli nama domain (cari nama domain yang kalian sesuai dengan kebutuhan, jika kalian membeli akun hosting dengan harga terendah, kalian diharuskan untuk membeli domain)

• Memilih Platform yang sesuai dan buat website yang sudah kalian rencanakan (dalam hal ini, kalian juga bisa langsung menggunakan template yang sudah kalian download baik secara gratis atau berbayar)

• Kemudian cek kembali website yang sudah kalian buat, untuk memastikan tidak ada revisi lagi) dan lakukan optimasi website yang kalian buat.


Mudah bukan? Oh iya, ini hanya tutorial membuat website secara simpel ya. Tutorial lengkapnya bisa kalian tonton di YouTube, selamat mencoba sobat Zone Hack (。•̀ᴗ-)✧


Setelah kalian berhasil membuat dan mengoperasikan website kalian sendiri, alangkah baiknya kalian juga harus mengamankan website kalian menggunakan layanan Firewall yang sudah tersedia di berbagai website. Mimin punya beberapa rekomendasi website yang menjual layanan Firewall baik dari dalam negeri maupun luar negeri, langsung saja Mimin taruh di bawah ya.


        4. Firewall Terbaik Tahun 2022

A. Cisco ASA By Cisco
B. Next Generation Firewall By Checkpoint
C. PA Firewall By Palo Alto
D. SRX Series By Juniper Network
E. Sophos XG Firewall
F. Unified Security Gateaway
G. Komodo Firewall
H. Simplewall
I. BiniSoft Windows
J. BlueHell Firewall
K. ZoneAlarm Firewall
L. Windows 10 Firewall
M. Windows Firewall Notifier
N. Firewall App Blocker
O. Free Firewall
P. Simple Firewall


            Itulah beberapa rekomendasi firewall yang Mimin share ke kalian, untuk pemasangan firewallnya kalian bisa menonton video di YouTube atau kalian juga bisa membayar orang lain untuk memasangkannya ke website kalian supaya website kalian terlindungi dari serangan exploit, metasploit, dan serangan cyber lainnya.




            Mungkin cukup segitu aja artikel yang bisa Mimin share kali ini ke kalian semua, semoga bermanfaat ya sobat Zone Hack (≧▽≦). Di sini kita sama-sama belajar kok, Mimin juga masih belajar. Oh iya, jangan lupa komentarnya ya sobat Zone Hack biar kita selalu bisa terhubung dan bisa saling share informasi biar bloggernya makin hidup dan rame gitu. Mimin juga minta tolong ya ke sobat Zone Hack semua, jangan lupa share artikel dari Zona Hacking ini. Siapa tahu artikel ini bisa bantu teman kalian yang sedang belajar juga. Insyaallah ke depannya Mimin juga akan membuat artikel yang bermanfaat buat kalian semua, biar kita bisa sama-sama belajar dan terus belajar. Mimin mewakili tim dari Blog Zona Hacking meminta maaf kepada kalian semua apabila materi yang Mimin bagikan kurang bisa dipahami baik dalam segi bahasa, ataupun pemikiran dalam sengaja maupun tidak disengaja. Terimakasih banyak ya sobat Zone Hack (。•̀ᴗ-)✧.


Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

0 Comments