Apa itu Wordlist? Pengertian dan Cara Membuatnya

AreaHacking.com – Wordlist adalah susunan dan kumpulan kata-kata yang telah di kombinasi oleh pembuatnya, tujuannya nanti wordlist akan digunakan untuk membobol password pada akun sosial media, website, wifi, dan masih banyak lagi.

Wordlist akan dibutuhkan saat Anda menggunakan tools cracking seperti John the Ripper, Hashcat, THC Hydra, dan yang lainnya. Jadi pada intinya wordlist membantu proses cracking agar lebih cepat, sehingga Anda tidak perlu menunggu lama untuk memecahkan sebuah password. Pada artikel ini kami akan menjelaskan secara lengkap tentang wordlist.

Baca Juga: Apa itu Serangan Brute Force

Fungsi Wordlist

Fungsi wordlist adalah menjadi bahan utama ketika kita ingin melakukan proses cracking pada suatu objek, misalnya membobol akun, wifi, panel admin login, dan lainnya. Karena pada dasarnya wordlist merupakan senjata yang ampuh untuk memecahkan kata sandi, biasanya para hacker mengkombinasikan wordlist dengan serangan brute force agar proses pembobolan lebih cepat.

Sekarang Anda sudah mengetahui fungsi wordlist, selanjutnya bagaimana cara membuat wordlist yang akurat ?

Cara Membuat Wordlist


Wordlist dapat dibuat secara manual, menggunakan tools, atau langsung download wordlist yang ada di google. Tapi jika Anda ingin lebih akurat maka saya sarankan untuk membuat wordlist secara manual, Anda cukup menggunakan notepad untuk menyusun daftar kata sandi lalu simpan filenya dengan format .txt

Namun, untuk membuat wordlist secara manual tidak mudah jadi Anda harus mempunyai ide dan mencari informasi terkait target yang ingin Anda retas. Misalnya informasi seperti nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, nama panggilan, hobbi, dan informasi lainnya yang nanti akan dimasukkan ke file wordlist tadi.

Jika Anda ingin membuat wordlist secara instan dan tidak rumit maka Anda bisa menggunakan tools seperti Cupp, Crunch, Wgen.io, atau Anda juga dapat download wordlist yang tersedia di google.

Download Wordlist Indonesia

Cara Menghindari Serangan Wordlist

Untuk melindungi diri Anda dari serangan wordlist Anda dapat mengikuti tips-tips yang kami berikan di bawah ini.

1. Gunakan Password yang Sulit

Umumnya, password yang rumit terbukti cukup ampuh untuk menghindari serangan dari para peretas. Gunakan simbol, angka, huruf, secara kombinasi agar aman dari serangan wordlist.

2. Aktifkan Verifikasi 2 Langkah

Verifikasi 2 langkah sangat penting bagi Anda yang memiliki data-data penting untuk disimpan, jadi aktifkan fungsi ini supaya akun Anda lebih aman.

3. Ganti Password Secara Berkala

Penting untuk selalu mengganti password Anda secara berkala, guna untuk menghindari resiko adanya pembobolan.

Kesimpulan

Wordlist merupakan senjata yang berbahaya jika jatuh ke tangan orang yang salah, tapi wordlist juga bisa di manfaatkan ketika Anda lupa password dan ingin memulihkan sebuah akun. Wordlist isinya bukan sekedar kata-kata biasa, melainkan susunan daftar kata sandi seluruh orang di dunia.

Sekian informasi dan tutorial dari kami semoga bermanfaat dan jangan lupa share artikel ini ya, supaya orang lain juga dapat ilmu.

0 Comments