Apa Itu Spyware ? - Definisi dan Cara Menghindari Spyware

 

Jika Anda sering menggunakan komputer atau perangkat mobile, kemungkinan besar Anda pernah mendengar tentang spyware. Meskipun kata ini terdengar seperti istilah teknis yang rumit, sebenarnya spyware adalah sesuatu yang sangat umum dan dapat membahayakan privasi serta keamanan data Anda.

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan apa itu spyware, bagaimana cara menghindarinya, dan mengapa penting untuk memperhatikan keberadaannya.

Apa Itu Spyware ?

Spyware adalah jenis perangkat lunak berbahaya yang dirancang untuk memantau aktivitas pengguna di komputer atau perangkat mobile mereka. Spyware bisa masuk ke dalam perangkat Anda melalui unduhan yang tidak sah atau melalui tautan yang meragukan.

Setelah masuk, spyware dapat memonitor aktivitas online Anda, termasuk riwayat pencarian, kebiasaan browsing, dan detail login. Spyware juga dapat memengaruhi kinerja perangkat Anda dan menyebabkan sistem crash.

Cara Kerja Spyware

Spyware bekerja dengan cara yang sama seperti virus atau malware. Spyware akan menginfeksi perangkat Anda dan mulai memantau aktivitas online Anda. Data yang dikumpulkan oleh spyware kemudian akan dikirimkan kembali ke hacker atau pembuat spyware.

Beberapa jenis spyware dapat menyebabkan perangkat Anda melambat dan crash. Spyware juga dapat membuat backdoor bagi serangan malware atau virus yang lebih berbahaya.

Fungsi Kecanggihan Spyware

Spyware memiliki fitur yang sangat banyak dan semuanya dikendalikan oleh si Pelaku atau bisa disebut Hacker. Berikut ini beberapa fitur canggih yang dapat dilakukan spyware:

  • Adware: Salah satu fitur spyware yang dapat menampilkan banyak iklan pada perangkat
  • Tracking: Spyware dapat melacak lokasi Anda secara real-time, bahkan juga mengetahui riwayat history lokasi perangkat Anda
  • Trojans: Dapat mengumpulkan semua informasi yang ada pada perangkat Anda serta dapat mengambil alih kontrol perangkat Anda, termasuk membaca pesan sms,riwayat panggilan telpon, menyadap pesan WhatsApp,Facebook dan sebagainya
  • Keyloggers: Spyware mampu merekam semua yang Anda ketik diperangkat Anda, jadi ini sangatlah berbahaya karena bisa saja password yang Anda ketik juga akan terekam.
  • File Manajer: Spyware bisa mengontrol, menambahkan, bahkan menghapus file yang ada pada perangkat Anda. Ini juga termasuk dapat melihat isi file tersebut misalnya seperti foto,video,aplikasi dan yang lainnya.
  • Dan masih banyak lagi fitur-fitur canggih lainnya yang dapat dilakukan spyware.

BACA Juga: Cara Sadap HP Full Kontrol Termasuk Sadap WA

Tanda Tanda Terkena Spyware

Mengenali tanda-tanda bahwa perangkat Anda terinfeksi spyware dapat membantu Anda untuk menghindarinya. Beberapa tanda-tanda spyware meliputi:

  1. Perangkat terasa lambat atau sering crash
  2. Munculnya pop-up iklan yang tidak diinginkan
  3. Perubahan atau hilangnya pada foto,video,halaman browser,aplikasi dan yang lainnya
  4. Data pribadi dicuri atau merasa terganggu
  5. Adanya aktifitas yang tidak kita lakukan pada aplikasi tertentu

Cara Menghindari Spyware

 


Ada beberapa cara untuk melindungi perangkat dari serangan spyware dan cara untuk menghapus spyware yang ada di perangkat kita, yakni di antaranya:

  1. Memperbarui sistem operasi dan perangkat lunak: Ini akan membantu melindungi perangkat Anda dari bug dan celah keamanan serta menghapus spyware.
  2. Install anti virus atau anti-malware untuk mengecek dan menghapus spyware pada perangkat Anda
  3. Jangan unduh dari sumber yang tidak dapat dipercaya. Pastikan Anda hanya mengunduh software dari sumber yang tepercaya

Kesimpulan

Spyware adalah perangkat lunak berbahaya yang dirancang untuk memantau aktivitas online Anda dan membahayakan privasi serta keamanan data Anda. Namun, ada beberapa cara untuk menghindari spyware dan memastikan bahwa perangkat Anda tetap aman.

Sekian informasi dari saya semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk share artikel ini ya, supaya orang lain juga dapat ilmu.

0 Comments