Apa Saja Komponen Penyusun Chipset? dan Apa Saja Fungsinya?

5 Komponen Penyusun Chipset Beserta Fungsinya Ala Zona Hacking







Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.



Apa kabar sobat? Semoga kalian baik-baik saja ya (。•̀ᴗ-)✧



Oh iya sobat, Mimin punya saran kepada kalian sebelum kalian membaca artikel ini, alangkah baiknya kalian sholat dulu ya bagi yang beragama muslim dan bagi non muslim jangan lupa untuk beribadah terlebih dahulu ya. Karena itu sebuah kewajiban yang tidak bisa ditawar lagi ( ꈍᴗꈍ). Oh iya, buat sobat yang baru mampir ke blogger ini. Mimin ucapin Selamat Datang ya, jangan malu-malu untuk bertanya di kolom komentar. Karena kalian di sini sudah seperti keluarga bagi Mimin, tapi kan virtual min? Virtual atau tidak, itu tidak masalah buat Mimin. Yang terpenting kita sudah menjadi satu keluarga (≧▽≦).







Pada artikel kali ini Mimin akan membahas seputar Chip Ponsel nih sobat, apakah sobat tahu bahwa ternyata sistem komponen yang ada di ponsel dengan laptop dan komputer itu sangat berbeda loh sobat. Jika di dalam komputer atau laptop memiliki bagian atau komponen masing-masing, namun pada ponsel ternyata memiliki sistem kesatuan loh sobat. Kenapa begitu? Karena hal ini bertujuan supaya dapat membuat body pada ponsel menjadi seramping mungkin, menghemat budget, dan menghemat daya baterai dan adem loh sobat. Sistem ini dinamakan Sistem on Chip (SoC) atau sistem ini juga dapat disebut sebagai sistem gado-gado dimana seluruh bagian penting yang ada pada laptop atau komputer dijadikan menjadi satu bagian dan dimodifikasi bentuknya sedemikian rupa yang kemudian kita kenal sebagai Chipset. Fungsi dari Chipset ini sebagai otak dari ponsel, SoC sangat bertanggung jawab atas performa smartphone itu sendiri. Selain CPU dan GPU yang pasti sudah sobat kenal, chipset juga menjadi rumah bagi banyak komponen lainnya yang tidak kalah penting. Lantas apa saja komponen yang menyusun Chipset itu Min? Penasaran? langsung saja kita ke materi intinya.












YUK SIMAK PENJELASANNYA BAIK-BAIK YA SOBAT (◠‿◕)








PASTIKAN KALIAN MEMBACA DENGAN CERMAT YA, DAN JANGAN LUPA SIAPKAN CEMILAN BUAT NAIKIN MOOD KALIAN (≧▽≦)













A. Komponen Penyusun Chipset Smartphone


1. CPU ( Central Processing Unit )

Central Processing Unit adalah komponen utama yang ada di dalam smartphone, fungsi dari CPU yaitu sebagai tempat pusat pemrosesan atau pengolahan data dari berbagai data pada komponen kemudian disalurkan dan dipusatkan pada CPU. Contoh sederhananya adalah CPU bisa merealisasikan perintah yang diinginkan oleh user secara visual.


Baik chipset Apple maupun Android sama-sama menggunakan CPU berbasis arsitektur Cortex yang dikembangkan oleh ARM. Tapi, tiap produsen chipset biasanya memiliki proses optimasi berbeda sehingga menghasilkan performa CPU yang juga beragam.









2. GPU (Graphics Processing Unit)

Komponen ke 2 penyusun Chipset yaitu GPU, sesuai dengan namanya. GPU memiliki fungsi untuk mengatur grafik resolusi layar yang akan ditampilkan pada beranda ponsel kalian, semakin tinggi resolusi layar ponsel kalian maka akan semakin besar pula performa GPU paa ponsel kalian.







3. Image Signal Processor (ISP)

Komponen ke 3 yang menjadi bagian dari Chipset adalah Image Signal Processor, fungsi dari komponen ini yaitu untuk membantu meningkatkan kejernihan resolusi kamera maupun video yang bisa diproses.







4. Modem

Modem dalam hal ini bukan seperti modem untuk laptop atau komputer yang digunakan sebagai WiFi internet ya sobat, melainkan modem ini berfungsi untuk memproses sinyal yang masuk atau keluar untuk mengirimkan data.








5. Neural Processing Unit (NPU)

Komponen ini merupakan komponen terbaru yang ditambahkan pada Chipset, komponen NPU ini digunakan sebagai AI (Artificial Intelegence) pada android sehingga user akan memiliki pengalaman yang luar biasa dan merasakan perkembangan teknologi yang sangat maju hanya dengan menggunakan ponsel yang memiliki komponen NPU. Selain sebagai AI, NPU juga dapat digunakan untuk mempercantik kualitas foto sampai mendukung penggunaan voice assistant seperti Apple Siri, atau Google Assistant. Berhubung teknologi NPU pada ponsel atau smartphone ini terbilang baru. Maka fitur yang dihasilkan masih sangat sedikit dan hanya berguna sebagai tambahan nilai jual ponsel tersebut. Mungkin ke depannya teknologi ini akan lebih dikembangkan oleh berbagai industri agar bisa digunakan untuk mempermudah aktivitas user dalam kehidupan sehari-hari. Oh iya sobat, setahu Mimin sih teknologi NPU ini sudah ada di Chipset Qualcomm seri 8 dan Chipset Apple Bionic keluaran terbaru loh. Buat kalian yang penasaran dengan fitur NPUnya, bisa langsung dibeli ponsel dengan Chipset yang memiliki seri seperti di atas. Tapi untuk soal harga pastinya sedikit expensive.












Oh iya sobat, Mimin juga mau membagikan materi tentang bagaimana sih cara kerja dari Chipset Smartphone ini? Penasaran bukan? Langsung saja scroll ke bawah













B. Cara Kerja Chipset Smartphone

Prinsip kerja SoC pada Smartphone ini sama seperti otak manusia, chipset pada ponsel dapat melakukan berbagai macam aktifitas yang diinginkan oleh pengguna bahkan sekarang smartphone sudah memiliki kecerdasan buatan yang pastinya membuat manusia semakin nyaman menggunakan ponsel. Misalnya cara kerja Chipset Snapdragon versi 675 yaitu sebagai berikut :




1. Memiliki CPU 8 Core yang berkecepatan hingga 2.0 GHz

2. Memiliki kemampuan Artificial Intelegence

3. Memiliki sinyal 4G LTE

4. Kemampuan mengelola grafis gaming supaya lebih mulus

5. Mengelola sensor suara, video, suhu, tekanan maupun posisi hp

6. Mengelola baterai, menghemat energi baterai, dan mempercepat pengisian 

ulang baterai




Mungkin cukup segitu aja artikel yang bisa Mimin share kali ini ke kalian semua, semoga bermanfaat ya sobat Zone Hack (≧▽≦). Di sini kita sama-sama belajar kok, Mimin juga masih belajar. Oh iya, jangan lupa komentarnya ya sobat Zone Hack biar kita selalu bisa terhubung dan bisa saling share informasi biar bloggernya makin hidup dan rame gitu. Mimin juga minta tolong ya ke sobat Zone Hack semua, jangan lupa share artikel dari Zona Hacking ini. Siapa tahu artikel ini bisa bantu teman kalian yang sedang belajar juga. Insyaallah ke depannya Mimin juga akan membuat artikel yang bermanfaat buat kalian semua, biar kita bisa sama-sama belajar dan terus belajar. Mimin mewakili tim dari Blog Zona Hacking meminta maaf kepada kalian semua apabila materi yang Mimin bagikan kurang bisa dipahami baik dalam segi bahasa, ataupun pemikiran dalam sengaja maupun tidak disengaja. Terimakasih banyak ya sobat Zone Hack (。•̀ᴗ-)✧.






Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

0 Comments