7 Tips Ampuh! Cara Mengamankan WiFi Ala Zona Hacking. Ingin Tahu Apa saja Tipsnya? Klik Sekarang!

7 Tips Ampuh! Cara Mengamankan WiFi Ala Zona Hacking






Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.



Apa kabar sobat? Semoga kalian baik-baik saja ya (。•̀ᴗ-)✧



Oh iya sobat, Mimin punya saran kepada kalian sebelum kalian membaca artikel ini, alangkah baiknya kalian sholat dulu ya bagi yang beragama muslim dan bagi non muslim jangan lupa untuk beribadah terlebih dahulu ya. Karena itu sebuah kewajiban yang tidak bisa ditawar lagi ( ꈍᴗꈍ). Oh iya, buat sobat yang baru mampir ke blogger ini. Mimin ucapin Selamat Datang ya, jangan malu-malu untuk bertanya di kolom komentar. Karena kalian di sini sudah seperti keluarga bagi Mimin, tapi kan virtual min? Virtual atau tidak, itu tidak masalah buat Mimin. Yang terpenting kita sudah menjadi satu keluarga (≧▽≦).



Di zaman milenial ini, manusia sudah menggunakan berbagai macam teknologi untuk mencari informasi dan hal bermanfaat lainnya, salah satu teknologi yang sering dipakai oleh manusia adalah WiFi. Di era sekarang, WiFi banyak digunakan di berbagai kalangan dan strata sosial masyarakat. WiFi sudah menjadi solusi alternatif pengganti pulsa internet (paket data) ketika seseorang ingin mengakses jaringan internet. Hampir semua masyarakat di era sekarang ini membutuhkan paket data untuk menjalankan bisnis, bekerja, bermain game, live streaming, dan masih banyak lagi. Membahas tentang fungsi WiFi, hal ini sangat penting untuk kepentingan seorang yang bekerja menggunakan jaringan internet. Karena di dalam jaringan internet, orang tersebut bisa melakukan apa saja yang mereka inginkan mulai dari marketer online, SEO, dan masih banyak lagi. Seperti halnya temuan manusia yang lain, WiFi juga dapat diretas. Biasanya seseorang meretas WiFi karena keadaan yang sangat terdesak. Namun perlu diperhatikan jika orang yang membobol jaringan internet pada WiFi hanya satu orang, bukanlah menjadi masalah besar. Masalah justru akan terjadi ketika beberapa orang mengetahui kata kunci pada WiFi, hal ini jelas akan sangat berpengaruh pada kecepatan jaringan internet yang akan digunakan untuk pekerjaan. Nah, pada kesempatan kali ini Mimin akan membagikan materi tentang Cara Memperkuat Keamanan WiFi. Memperkuat keamanan WiFi adalah hal yang sangat perlu dilakukan oleh setiap orang yang memasang WiFi di rumah, disampung menghindari kecepatan internet yang sangat minim karena digunakan oleh beberapa orang. Dengan memasang WiFi, seseorang akan mudah melakukan pekerjaan, bisnis, dan berbagai macam hal di rumah dan bisa menghemat tenaga untuk melakukan aktifitas lainnya. Apakah kalian ingin tahu apa saja materi yang akan Mimin bagikan kali ini? Baca terus artikelnya sampai habis ya sobat😉






YUK SIMAK PENJELASANNYA BAIK-BAIK YA SOBAT (◠‿◕)




PASTIKAN KALIAN MEMBACA DENGAN CERMAT YA, DAN JANGAN LUPA SIAPKAN CEMILAN BUAT NAIKIN MOOD KALIAN (≧▽≦)






1. Cara Mengamankan WiFi agar Tidak Dibobol


A. Mengubah Nama SSID WiFi






Cara ini adalah cara paling mudah untuk mengelabuhi seseorang apabila ia hendak membobol WiFi, jika kalian mengubah nama WiFi kalian seperti nama hotspot pada smartphone kalian, pasti banyak yang tidak menyadari bahwa sebenarnya itu adalah WiFi milik kalian tapi sudah kalian ubah nama SSIDnya. Mengubah nama jaringan SSID WiFi juga akan sangat berpengaruh terhadap seberapa banyak orang yang berpeluang menggunakan WiFi kalian.






B. Lakukan Filter Alamat MAC






Langkah ini juga sangat berguna untuk mengamankan WiFi dari bobolan hacker, dengan melakukan filter atau penyaringan alamat MAC. Kalian akan bisa mengatur seberapa banyak orang yang dapat terhubung ke WiFi yang kalian pasang. Dengan cara ini pula, seseorang yang sebelumnya sudah terhubung dan yang belum terhubung ke dalam jaringan WiFi kalian, tidak akan bisa mencuri jaringan internet WiFi kalian lagi.






C. Gunakan Router dan Masuk ke Halaman Router






Menggunakan router sangat berguna bagia kalian yang memasang WiFi di rumah, pasalnya dengan router ini, kalian bisa mengatur WiFi yang kalian pasang seleluasa mungkin. Tentu saja setiap produk WiFi memiliki sistem pengaturan router nirkabel yang berbeda-beda, namun Mimin akan bagikan cara mengatur sistem router yang biasa dipakai produk WiFi di Indonesia.


ー Masuk ke Halaman Setting WiFi agar tidak bisa dibobol
ー Ketik IP WiFi kalian atau domain WiFi kalian
ー Masukkan username dan password serumit dan sekuat mungkin (jangan gunakan password generator, karena itu dapat ditebak dengan mudah oeleh hacker)





D. Pasang Password Serumit Mungkin






Cara ini sangat ampuh untuk mengamankan WiFi kalian dari serangan hacker yang ini membobol WiFi kalian, dengan membuat password serumit mungkin. Penyerang tidak akan dapat memasuki jaringan internet WiFi kalian dengan mudah melalui tebakan kata sandi. Lakukan cara ini dan jangan lupa untuk mengganti sandi secara rutin dan berkala.





E. Gunakan Teknologi Password WPA2






Teknologi passowrd WPA2 adalah teknologi keamanan terbaru yang telah dibuat oleh manusia dengan tingkat keamanan yang tinggi dan dapat mencegah berbagai serangan pembobolan jaringan WiFi dari serangan hacker. Mungkin ada salah satu cara untuk membobol jaringan keamanan WPA2 ini, tapi memerlukan waktu yang cukup lama dan kemungkinan berhasil pembobolannya sangat minim.





F. Matikan Fitur WPS pada Pengaturan Router








Jangan sekali-kali kalian melewatkan cara atau tips yang satu ini, karena cara ini sangat berpengaruh terhadap keamanan WiFi kalian. Mengapa demikian? Karena fitur WPS adalah cara alternatif hacker supaya dapat membobol WiFi tanpa menggunakan password, hal ini akan sangat berdampak bagi keamanan WPA2 yang telah kalian sediakan password yang rumit. Pasalnya, jika kalian lupa mematikan fitur keamanan WPS, maka hacker dapat dengan mudah membobol WiFi kalian dengan menggunakan aplikasi pembobol WiFi.





G. Pasang Login Page pada Router Mikrotik






Biasanya setiap router mikrotik memiliki fitur hotspot menggunakan login page. Dengan adanya login page sebelum terhubung ke jaringan internet WiFi yang kalian pasang di rumah akan dapat membuat hacker malas untuk melakukan pembobolan WiFi yang telah kalian pasang. Login page dapat digunakan sebagai proteksi kedua selain password karena sistem login sangat berbeda dengan sistem router accesspoint.







Setelah kalian mengetahui Cara Mengamankan WiFi, kini saatnya Mimin bagikan materi tentang apa saja sih dampak negatif dari pembobolan WiFi.







2. Dampak Negatif Pembobolan WiFi


A. Rentannya Pencurian Data Pribadi






Hal ini dapat terjadi apabila seseorang terhubung ke dalam jaringan WiFi gratis yang ia sendiri tidak tahu darimana dan punya siapa WiFi tersebut berasal. Jika pemilik WiFi tersedia kebetulan adalah seorang hacker, maka bisa saja dia merencanakan peretasan data pribadi smartphone kalian dengan cara metasploit. Dengan adanya data Smartphone kalian yang telah masuk ke dalam WiFi tersebut, itu sudah cukup bagi seorang hacker untuk melakukan peretasan data seseorang melalui smartphone yang terhubung ke dalam jaringan WiFi miliknya.





B. Mudahnya Terinfeksi Malware pada Perangkat






Dampak ini sangat berkaitan dengan yang pertama, setelah hacker berhasil melakukan metasploit pada smartphone kalian. Kemudian sang hacker dapat dengan leluasa memata-matai smartphone kalian, tapi Mimin rasa hacker tidak akan cukup dengan memata-matai smartphone kalian. Pasalnya hacker yang berhasil masuk ke dalam perangkat korban pasti mempunyai tujuan tertentu, hacker bisa saja memasukkan berbagai macam Malware seperti trojan, virtex, malicious, dan masih banyak lagi pada smartphone kalian. Hal ini bertujuan supaya sang hacker bisa merusak perangkat lunak bahkan sistem smartphone kalian hingga kalian tidak mampu menggunakan smartphone tersebut untuk melakukan berbagai macam aktifitas.




C. Adanya Spying pada Smartphone






Seperti yang sudah Mimin sebutkan di atas, jika sang hacker berhasil membobol smartphone kalian menggunakan metasploit. Maka sang hacker bisa melakukan aksi mata-mata (spying) pada smartphone kalian, apabila hal ini terjadi, maka pasti kalian akan merasa sangat risih karena kehidupan pribadi kalian akan terus dimata-matai oleh sang hacker, dan bisa saja sang hacker diam-diam mengambil data yang sangat penting pada smartphone kalian yang bertujuan untuk kepentingan dirinya sendiri.



Mungkin cukup segitu aja artikel yang bisa Mimin share kali ini ke kalian semua, semoga bermanfaat ya sobat Zone Hack (≧▽≦). Di sini kita sama-sama belajar kok, Mimin juga masih belajar. Oh iya, jangan lupa komentarnya ya sobat Zone Hack biar kita selalu bisa terhubung dan bisa saling share informasi biar bloggernya makin hidup dan rame gitu. Mimin juga minta tolong ya ke sobat Zone Hack semua, jangan lupa share artikel dari Zona Hacking ini. Siapa tahu artikel ini bisa bantu teman kalian yang sedang belajar juga. Insyaallah ke depannya Mimin juga akan membuat artikel yang bermanfaat buat kalian semua, biar kita bisa sama-sama belajar dan terus belajar. Mimin mewakili tim dari Blog Zona Hacking meminta maaf kepada kalian semua apabila materi yang Mimin bagikan kurang bisa dipahami baik dalam segi bahasa, ataupun pemikiran dalam sengaja maupun tidak disengaja. Terimakasih banyak ya sobat Zone Hack (。•̀ᴗ-)✧.



Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

0 Comments