6 Cara Memperkuat Keamanan Nomor WhatsApp Dari Retasan Hacker ー Zona Hacking

6 Cara Memperkuat Keamanan Nomor WhatsApp Dari Retasan Hacker ー Zona Hacking




Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.





Apa kabar sobat? Semoga kalian baik-baik saja ya (。•̀ᴗ-)✧




Oh iya sobat, Mimin punya saran kepada kalian sebelum kalian membaca artikel ini, alangkah baiknya kalian sholat dulu ya bagi yang beragama muslim dan bagi non muslim jangan lupa untuk beribadah terlebih dahulu ya. Karena itu sebuah kewajiban yang tidak bisa ditawar lagi ( ꈍᴗꈍ). Oh iya, buat sobat yang baru mampir ke blogger ini. Mimin ucapin Selamat Datang ya, jangan malu-malu untuk bertanya di kolom komentar. Karena kalian di sini sudah seperti keluarga bagi Mimin, tapi kan virtual min? Virtual atau tidak, itu tidak masalah buat Mimin. Yang terpenting kita sudah menjadi satu keluarga (≧▽≦).


Di zaman milenial ini, manusia sudah menggunakan berbagai macam teknologi untuk mencari informasi dan hal bermanfaat lainnya, salah satu teknologi yang sering dipakai oleh manusia adalah sosial media. Sosial media banyak digunakan manusia bukan hanya untuk mencari informasi, melainkan juga digunakan untuk bekerja, sebagai sarana hiburan, dan lain-lain. Membahas tentang sosial media, sekarang banyak sekali berbagai macam akun sosial media diretas oleh hacker. Tak hanya sosial media saja, dengan diiringi munculnya banyak sekali alat untuk meretas seperti metasploit dan sejenisnya. Nomor WhatsApp pun sekarang sangat mudah untuk dibajak, kalian bisa membayangkan apa yang terjadi jika privasi kalian diawasi oleh orang lain? Pastinya kalian akan merasakan hal yang sangat tidak enak karena merasa hidup kalian dikendalikan oleh orang lain. Untuk mengatasi hal tersebut, kalian perlu memperkuat keamanan nomor WhatsApp kalian supaya hacker tidak dapat membajak privasi kalian dengan mudah.



Pada kesempatan kali ini, Mimin akan memberikan tutorial bagaimana cara meningkatkan keamanan nomor WhatsApp kalian. Hal ini sangat berguna sekali buat kalian yang ingin merintis menjadi influencer atau Marketer, sebelum membangun sebuah bisnis. Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah meningkatkan keamanan nomor WhatsApp kalian terlebih dahulu, jangan sampai akun kalian terkena serangan hacker seperti pada kasus yang pernah terjadi sebelumnya. Hal ini ditujukan untuk antisipasi supaya nanti kalau sudah memiliki rahasia bagaimana cara kalian menjadi seorang Influencer atau seorang Marketer sukses, nomor kalian akan tetap aman dan tidak dapat diretas oleh hacker. Materi ini sangat cocok buat kalian yang memiliki pekerjaan sebagai Sales, Marketer dan Influencer. Pada kesempatan kali ini, Mimin akan membagikan tutorial cara memperkuat keamanan Nomor WhatsApp.





YUK SIMAK PENJELASANNYA BAIK-BAIK YA SOBAT (◠‿◕)



PASTIKAN KALIAN MEMBACA DENGAN CERMAT YA, DAN JANGAN LUPA SIAPKAN CEMILAN BUAT NAIKIN MOOD KALIAN (≧▽≦)




1. Tutorial Memperkuat Keamanan Nomor WhatsApp

Untuk memperkuat nomor WhatsApp, kalian tidak perlu repot-repot mendownload berbagai macam bahan seperti pada tutorial lain. Kalian hanya perlu melakukan beberapa perubahan pengaturan pada aplikasi kalian, lalu apa sajakah langkah-langkahnya? Ada beberapa hal yang akan Mimin sampaikan kepada kalian ini harus kalian perhatikan dengan cermat, jeli, dan seksama.



A. Jangan Sebarkan Kode Verifikasi OTP

Seringkali, operator WhatsApp memberikan sebuah peringatan kepada kalian agar jangan membagikan kode verifikasi nomor WhatsApp kalian kepada siapapun. Hal ini bertujuan untuk melindungi nomor kalian dari serangan hacker, seorang hacker bisa saja melakukan penyerangan dengan menggunakan sistem kerentanan WhatsApp dengan menggunakan bypass otp. Cara ini sangat mudah dilakukan, maka berhati-hatilah dalam memberikan informasi sekecil apapun itu.





B. Gunakan Verifikasi 2 Langkah




Mengapa harus menggunakan 2x Verifikasi? Hal ini bertujuan untuk melindungi privasi kalian, Verifikasi 2 Langkah berisi 2 metode untuk masuk ke nomor WhatsApp kalian ketika kalian akan masuk ke dalam WhatsApp menggunakan perangkat lain, 2 metode verifikasi ini hanya kalian yang dapat menjawabnya. Pastikan kalian memfoto bagian verifikasi, hal ini sangat berguna jika kalian lupa dengan jawaban pada autentikasi yang kalian atur sebelumnya. 2X Verifikasi juga dapat membingungkan seorang hacker untuk membajak nomor kalian, karena semua jawaban pada verifikasi tersebut hanya kalian yang mengetahuinya. Cara aktifin fitur ini gimana sih Min? Oke, Mimin kasih tahu di bawah ini ya sobat :



• Klik titik 3 yang ada di kanan atas.
• Klik Pengaturan, pilih akun.
• Klik Verifikasi 2 Langkah, klik aktifkan.
• Setelah itu, kalian diminta untuk membuat PIN keamanan sebanyak 6 digit. Jangan lupa kalian catat PIN itu di catatan handphone kalian atau kalian bisa ingat PIN tersebut.
• Klik Lanjut, dan ikuti langkah selanjutnya yang disediakan oleh WhatsApp.



C. Gunakan Fitur Pemindai Sidik Jari



Hal ini merupakan faktor paling penting dalam memperkuat keamanan privasi nomor WhatsApp kalian, dengan adanya pemindai sidik jari, orang lain tidak akan bisa membuka, melihat, bahkan membajak nomor kalian dengan tujuan yang tidak jelas. Fitur sidik jari ini berguna untuk menjaga keutuhan privasi kalian supaya kalian dapat menjalankan bisnis dengan aman dan tenang tanpa mengkhawatirkan privasi kalian akan diserang oleh hacker. Oh iya, sedikit mengingatkan kepada kalian kalau fitur ini hanya bisa digunakan di smartphone yang sudah memiliki sistem sidik jari. Bagi kalian yang masih bingung gimana sih caranya mengaktifkan fitur pemindai sidik jari, tenang ya Mimin kasih tahu caranya di bawah ini :



• Klik titik 3 yang ada di kanan atas
• Klik Pengaturan, pilih akun
• Klik Privasi, pilih fitur "Kunci Sidik Jari"
• Klik Buka Kunci dengan Sidik Jari, setelah itu akan muncul peringatan dari aplikasi WhatsApp agar mengaktifkan fitur sidik jari pada layar utama terlebih dahulu
• Klik oke pada peringatan tersebut, buka pengaturan kalian pada fitur pengaturan keamanan, dan tambahkan sidik jari kalian. Setelah itu kembali ke aplikasi WhatsApp, dan buka pengaturan keamanan akun. Setelah itu, kalian tinggal ikuti arahan dari aplikasi.





D. Logout WhatsApp Web



Hal ini juga termasuk salah satu faktor yang dapat memperkuat akun kalian, dengan cara logout akun WhatsApp kalian jika kalian menggunakan nomor WhatsApp di laptop, ataupun komputer. Cara ini harus benar-benar kalian perhatikan jika kalian menggunakan nomor WhatsApp kalian di komputer warnet, karena kalian tidak akan mengetahui siapa yang akan menggunakan komputer tersebut setelah kalian memakainya dan kalian tidak tahu sifat, serta kemampuan orang tersebut. Bisa saja orang itu hacker dan mempunyai niat jahat kepada kalian dengan membajak nomor kalian menggunakan nomor WhatsApp yang tidak sempat kalian logout dari perangkat komputer.






E. Install Ulang Aplikasi WhatsApp



Jika nomor kalian sudah terlanjur dibajak oleh orang lain dan kalian belum sempat mengamankan nomor kalian menggunakan beberapa langkah di atas, maka cara ini sangat Mimin anjurkan. Hal ini bertujuan agar kalian mendapatkan kode verifikasi nomor telepon berupa kode OTP yang hanya akan dikirim ke nomor kalian, dengan cara ini orang lain tidak akan bisa melakukan pembajakan atau penyerangan ke nomor kalian. Setelah kalian menginstall ulang aplikasi WhatsApp, segeralah tingkatkan keamanan aplikasi WhatsApp kalian menggunakan langkah-langkah di atas supaya privasi kalian memiliki pelindung dari serangan hacker.




F. Nonaktifkan Nomor atau Akun WhatsApp



Langkah ini bisa kalian lakukan jika ketika kalian sudah menginstall ulang aplikasi WhatsApp, tetapi hacker masih bisa membajak akun kalian. Cara ini bertujuan untuk melindungi akun kalian supaya penyerang tidak dapat melakukan penyerangan lebih dalam karena nomor tersebut sudah dinonaktifkan.



Setelah kalian mengetahui beberapa metode untuk meningkatkan keamanan nomor WhatsApp, maka pastilah kalian juga harus mengetahui ciri-ciri dari nomor WhatsApp yang telah disadap, dibajak, ataupun digunakan untuk kejahatan lainnya. Dengan mengetahui ciri-cirinya, kalian dapat mengantisipasi penyerangan. yang akan terjadi. Apakah semua orang harus mengetahui semua ciri-cirinya Min? Menurut Mimin sih ya jelas harus tahu, karena hampir setiap masyarakat dunia menggunakan WhatsApp sebagai tempat bertukar informasi, sebagai tempat bekerja, tempat menyimpan data, dan hal yang bersifat penting lainnya. Jika seorang user tidak mengetahui ciri-ciri WhatsApp yang telah disadap atau di ajak, maka kemungkinan besar seorang hacker bisa dengan leluasa untuk melakukan penyadapan dan penyerangan dengan leluasa tanpa diketahui oleh sang user. Lantas, apa sajakah ciri-cirinya? Baca sampai akhir ya sobat😉






2. Ciri-ciri WhatsApp telah Disadap

A. Online padahal Offline

Hal ini sangat sering terjadi di berbagai kalangan masyarakat, hal ini memang bersifat kecil namun besar dampaknya jika user mengetahuinya. Biasanya hal ini seringkali dilihat oleh teman dari user yang tidak sengaja melakukan obrolan dengan user tersebut. Namun, user tersebut ternyata tidak membawa gawai atau handphone. Ketika sang user menyadari hal tersebut, bisa saja sang hacker sudah lama melakukan aksi tersebut dan berhasil mendapatkan banyak sekali informasi data penting yang ada di dalam obrolan WhatsApp. Hal ini tentu sangat berbahaya bagi seseorang yang mempunyai bisnis, pekerjaan, dan hal lain yang bersifat sangat pribadi. Jadi, untuk mengantisipasi hal ini. Kalian bisa langsung lakukan cara di atas ya sobat, supaya sang hacker tidak melakukan penyerangan nomor kalian lebih lama dan mendapatkan lebih banyak data yang bisa diambil😉




B. Keluar Akun dengan Sendirinya

Kebanyakan user akan mengira dengan keluarnya akun WhatsApp dia secara tiba-tiba, itu mungkin disebabkan karena WhatsApp sedang mengalami gangguan atau sedang memperbaiki sistem keamanan dan sistem operasi (maintenance). Namun, hal ini bisa saja terjadi karena seorang hacker yang berhasil mengkloning nomor sang user dan mendapati bahwa tidak ada informasi penting yang ada di dalamnya. Maka sang hacker tersebut memilih untuk menghentikan serangannya dengan menghapus kloningan Whatsapp sang user.





C. Mengirim Pesan secara Acak

Hal ini juga seringkali terjadi dan tidak disadari oleh kebanyakan orang karena mungkin hal ini bisa disebabkan karena beberapa faktor yang salah satunya ketika handphone diletakkan di dalam saku, maka otomatis handphone tersebut secara tidak sengaja mengirim pesan yang tidak penting kepada orang lain. Kejadian tersebut memanglah wajar terjadi. Namun, jikalau handphone yang kalian letakkan di atas meja, kemudian mengirim pesan otomati ke salah satu teman kamu secara acak itu akan menjadi kasus yang berbeda lagi. Hal itu juga bisa termasuk cara hacker menunjukkan identitas dan eksistensinya kepada user melalui handphone user, jikalau hal tersebut sudah terjadi. Maka kalian harus melakukan tingkatan keamanan sesegera mungkin agar sang hacker tidak mampu lagi menyerang kalian melalui privasi WhatsApp.





D. Pesan yang Otomatis Terbaca

Jika kalian menemukan bahwa pesan yang belum kalian baca dan tiba-tiba terbaca, itu bisa jadi salah satu tanda bahwa WhatsApp kalian sedang disadap atau sudah dikloning. Di dalam WhatsApp terdapat fitur laporan dibaca yang ditandai dengan adanya ceklist 2 biru, fitur tersebut berguna untuk mendeteksi penyerangan pada nomor WhatsApp kalian. Biasanya tanda ceklist 2 biru ini hanya bisa dilihat oleh orang lain, dan jika orang itu memberitahukan hal tersebut kepada sang user mengenai hal ini, maka dapat dipastikan bahwa nomor WhatsApp kalian telah disadap.



E. Adanya Informasi Login Perangkat pada Lain

Untuk memeriksa apakah WhatsApp kalian telah dibajak atau dikloning menggunakan cara ini cukup mudah, kalian cukup klik titik 3 yang ada di bagian kanan atas pada menu navbar WhatsApp. Lalu kalian pilih perangkat tertaut, jika kalian menyadari bahwa ada perangkat lain yang tertaut dengan WhatsApp kalian tanpa kalian sadari. Dapat dipastikan bahwa nomor WhatsApp kalian telah dikloning dan disadap oleh hacker. Jika hal ini terjadi, segeralah kalian lakukan peningkatan keamanan nomor WhatsApp kalian dengan cara yang sudah Mimin berikan supaya hal tersebut tidak akan pernah terjadi lagi kepada kalian.



Nah, itulah semua ciri-ciri dan cara peningkatan keamanan WhatsApp yang telah Mimin berikan kepada kalian semua. Ciri-ciri tersebut seringkali terjadi tanpa kalian sadari, maka dari itu kalian harus selalu bersiaga dan memeriksa apakah WhatsApp kalian telah dikloning atau belum. Karena aksi penyadapan ini mempunyai dampak negatif yang sangat berbahaya bagi orang lain, dan hal ini menyangkut kepentingan pribadi seseorang.




Mungkin cukup segitu aja artikel yang bisa Mimin share kali ini ke kalian semua, semoga bermanfaat ya sobat Zone Hack (≧▽≦). Di sini kita sama-sama belajar kok, Mimin juga masih belajar. Oh iya, jangan lupa komentarnya ya sobat Zone Hack biar kita selalu bisa terhubung dan bisa saling share informasi biar bloggernya makin hidup dan rame gitu. Mimin juga minta tolong ya ke sobat Zone Hack semua, jangan lupa share artikel dari Zona Hacking ini. Siapa tahu artikel ini bisa bantu teman kalian yang sedang belajar juga. Insyaallah ke depannya Mimin juga akan membuat artikel yang bermanfaat buat kalian semua, biar kita bisa sama-sama belajar dan terus belajar. Mimin mewakili tim dari Blog Zona Hacking meminta maaf kepada kalian semua apabila materi yang Mimin bagikan kurang bisa dipahami baik dalam segi bahasa, ataupun pemikiran dalam sengaja maupun tidak disengaja. Terimakasih banyak ya sobat Zone Hack (。•̀ᴗ-)✧.



Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

1 Comments

  1. black titanium wedding bands - TITanium Art
    Black titanium wedding bands omega titanium by TITanium Art titanium mens rings · titanium body armor Red how much is titanium worth Habanero Honey · Orange Habanero Honey · Orange ray ban titanium Habanero

    ReplyDelete