3 Cara Paling Mudah Root HP Android Tanpa PC, dan Anti Ribet

3 Cara Paling Mudah Root HP Android Tanpa PC, dan Anti Ribet






Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.



Apa kabar sobat? Semoga kalian baik-baik saja ya (。•̀ᴗ-)✧


Oh iya sobat, Mimin punya saran kepada kalian sebelum kalian membaca artikel ini, alangkah baiknya kalian sholat dulu ya bagi yang beragama muslim dan bagi non muslim jangan lupa untuk beribadah terlebih dahulu ya. Karena itu sebuah kewajiban yang tidak bisa ditawar lagi ( ꈍᴗꈍ). Oh iya, buat sobat yang baru mampir ke blogger ini. Mimin ucapin Selamat Datang ya, jangan malu-malu untuk bertanya di kolom komentar. Karena kalian di sini sudah seperti keluarga bagi Mimin, tapi kan virtual min? Virtual atau tidak, itu tidak masalah buat Mimin. Yang terpenting kita sudah menjadi satu keluarga (≧▽≦).



Di zaman milenial ini, manusia sudah menggunakan berbagai macam teknologi untuk mencari informasi dan hal bermanfaat lainnya, salah satu teknologi yang sering dipakai oleh manusia adalah smartphone. Smartphone banyak digunakan manusia bukan hanya untuk bekerja, menyimpan data pribadi, sebagai sarana hiburan, dan lain-lain. Membahas tentang fungsi smartphone, sekarang banyak sekali berbagai macam aplikasi yang sudah diciptakan manusia seperti aplikasi bank, aplikasi sosial media, aplikasi game, dan masih banyak lagi. Dalam menciptakan sebuah aplikasi, developer juga memiliki sistem tersendiri untuk memisahkan antara fitur awam dan profesional. Untuk menggunakan fitur profesional, kalian harus membuka akses android yang membuat anda bisa mencoba fitur Android yang lebih luas. Cara ini dinamakan "Rooting". Lalu, apa sih root itu? Apa saja keuntungan dari Root? Bagaimana dampak negatifnya bagi smartphone? dan Bagaimanakah cara melakukan rooting pada smartphone? Nah, ini waktu yang tepat, pada kesempatan kali ini Mimin akan memberikan tutorial rooting smartphone, pengertian rooting, dan dampaknya bagi android nih sobat, baca terus artikelnya sampai habis ya sobat😉





YUK SIMAK PENJELASANNYA BAIK-BAIK YA SOBAT (◠‿◕)



PASTIKAN KALIAN MEMBACA DENGAN CERMAT YA, DAN JANGAN LUPA SIAPKAN CEMILAN BUAT NAIKIN MOOD KALIAN (≧▽≦)





1. Pengertian Root

Root merupakan sebuah cara atau metode untuk membuka sistem android agar android dapat digunakan secara maksimal. Root memiliki mekanisme kerja dengan membuka berbagai fitur yang terkunci di dalam android yang telah diatur oleh pabrik. Cara ini seperti ketika kalian menggunakan terminal sebagai administrator yang dapat mengetik command dengan leluasa tanpa adanya izin dari smartphone. Root juga dapat menghapus dan mengganti sistem operasi smartphone secara penuh, umumnya dengan rilis terbaru dari sistem operasi tersebut. Selain dari berbagai keuntungan di atas, ada beberapa dampak negatif dari root yang perlu kalian pikir lagi untuk melakukan proses root pada smartphone kalian. Bagi kalian yang ingin mengetahui apa saja dampak positif dan negatif dari root, pastikan lanjut baca sampai bawah ya sobat😉




2. Dampak Positif Root

Seperti pada pembahasan di atas sudah Mimin sebutkan sedikit keuntungan atau dampak positif dari proses rooting smartphone ini, lantas apa saja keuntungan lain dari rooting smartphone itu? Inilah beberapa keuntungan atau dampak positif dari "rooting"


A. Memindahkan Data Internal ke Eksternal

Fungsi ini sangat penting bagi smartphone yang memiliki sistem android, karena ketika internal smartphone kalian penuh, kalian bisa memindahkan data internal kalian menuju ke data eksternal (Kartu SD). Fungsi ini juga cocok dengan kalian yang ingin menjadi seorang gamer karena game di zaman sekarang memiliki kapasitas memory penyimpanan yang besar, dan hal ini dapat menggangu kerja sistem pada android kalian. Dengan kalian memindahkan data game kalian yang ada di dalam penyimpanan internal ke dalam penyimpanan eksternal, maka sistem penyimpanan dan sistem kerja di android kalian bisa berjalan dengan lancar. Game yang sudah kalian pindahkan ke dalam penyimpanan eksternal tersebut bisa kalian mainkan di dalam android lainnya hanya dengan memasukkan kartu SD yang berisi data game tersebut dengan syarat android kalian yang baru itu juga sudah melakukan proses rooting smartphone.



B. Optimasi RAM

Hal ini berkaitan dengan fungsi pertama dengan cara memindahkan data internal ke data eksternal, namun setelah kalian melakukan rooting pada android. Kalian akan mendapatkan optimasi RAM secara otomatis diatur dari background smartphone kalian.




C. Menghemat Baterai

Selain 3 fungsi atau manfaat yang sangat menggiurkan itu, melakukan rooting pada Android juga akan bisa menghemat baterai smartphone kalian dengan daya hemat baterai mencapai 40%. Semakin optimal kalian rooting smartphone, maka baterai pada smartphone kalian akan semakin hemat hingga 40% lebih hemat dari setelan pabrik.



D. Bebas Hapus Aplikasi Pabrik

Ini juga termasuk ke dalam fungsi dari rooting smartphone, tetapi Mimin rasa fungsi ini tidak terlalu penting dikarenakan banyaknya aplikasi bawaan smartphone yang sangat berguna untuk membantu manusia dalam kehidupan sehari-hari.



Itulah beberapa keuntungan atau manfaat dari rooting smartphone yang Mimin rasa paling bermanfaat, melakukan root pada handphone memanglah menjadi impian banyak orang jika orang itu melihat dari berbagai manfaatnya. Namun yang harus kalian ketahui, melakukan root pada smartphone juga bisa membuat smartphone kalian sangat rentan terkena trojan, malicious, dan bahaya lain yang bisa mengancam keamanan ponsel kalian. Salah satu bahaya dari melakukan root yaitu sangat lentur digunakan, jadi ketika ada file masuk yang bersifat membahayakan dan user tidak mengetahui hal tersebut, maka ponsel itu akan cepat terserang atau terinfeksi oleh virus yang telah masuk melalui berbagai cara.


Untuk mengambil keputusan apakah kalian harus melakukan rooting ponsel atau tidak, maka kalian perlu mengetahui manfaat dan kelemahan dari root. Setelah kalian mengetahui kelemahan dari melakukan root pada ponsel, maka kalian juga harus mengerti apa saja yang harus kalian lakukan ketika ponsel kalian terkena salah satu dampak negatif dari rooting tersebut. Hal ini sangat berguna supaya kalian tidak cepat membeli ponsel baru hanya karena kalian tidak dapat memperbaiki ponsel kalian ketika terkena virus atau dampak negatif dari root. Setelah Mimin sebutkan beberapa keuntungan dari proses rooting, supaya lebih afdhal Mimin juga akan membagikan apa saja dampak negatif dari rooting smartphone. Untuk mengetahui dampak yang lebih jelasnya, kalian bisa membacanya di bawah ini :





3. Dampak Negatif Root

Jika membahas mengenai sesuatu, pastilah kita harus sangat mempertimbangkan dampak negatifnya seakurat mungkin. Hal ni bertujuan agar kalian tidak sia-sia dalam melakukan sesuatu dan kalian bisa mengatasi bahaya yang akan menimpa kalian diwaktu tertentu begitu pula pada saat kalian ingin melakukan proses rooting smartphone. Kalian harus sangat mempertimbangkan bahaya melakukan root pada ponsel kalian dan dapat mengatasi bahaya tersebut. Lantas apa sajakah bahaya tersebut? Beberapa dampak negatif dari root akan Mimin bagikan di bawah ini :


A. Hilang Garansi

Bagi kalian yang masih memiliki ponsel baru dan garansinya masih berlaku, Mimin sarankan untuk tidak melakukan rooting pada ponsel kalian karena hal tersebut dapat menghilangkan garansi resmi dari pabrik. Melakukan root pada ponsel atau android berarti kalian bukan hanya mengubah sistem kerja android, namun kalian juga merubah fitur-fitur yang terkunci oleh android dengan tujuan supaya kalian dapat menggunakan ponsel tersebut dengan semaksimal mungkin. Namun jika masa berlaku garansi pada ponsel kalian sudah habis, maka bahaya yang ini bisa kalian sampingkan terlebih dahulu.




B. Masalah dengan Pembaruan Operasi Sistem Android

Seperti yang Mimin tahu, proses root hanya bisa dilakukan bagi user atau pengguna ponsel android. Bahaya melakukan root bagi android salah satunya adalah ketika kalian mendapatkan pemberitahuan dan ingin memperbarui operasi sistem pada android kalian. Melakukan root pada sebuah ponsel dapat menyebabkan masalah pada pembaruan sistem pada android, salah satu bahaya tersebut adalah berhentinya fitur frimware secara otomatis yang dijalankan oleh perangkat kalian. Contoh fitur frimware ini adalah WiFi, ketika sudah melakukan root. Kalian akan merasakan ketidaknyamanan melihat pembaruan berkala dan terus menerus melalui WiFi (OTA) dan perangkat lunak manajemen lainnya seperti pada Samsung KIES yang tidak lagi berfungsi dengan baik ketika ponsel tersebut sudah di-root.



C. Resiko Keamanan dan Privasi Ponsel

Berbagai jenis aplikasi pada android seperti SuperSU memang memerlukan akses root agar aplikasi tersebut dapat berkerja dengan baik, disamping itu pula aplikasi lain pada perangkat kalian tidak bisa memeriksa dan mencegah setiap file atau aplikasi yang bersifat jahat masuk pada ponsel kalian dan merusak sistem ponsel kalian.


Sesudah kalian mengetahui apa saja keuntungan dan kekurangan dari root, dan kalian sudah mempertimbangkan semua itu. Waktunya Mimin bagikan materi tentang bagaimana melakukan root pada Android, karena itu baca dengan cermat ya sobat supaya tidak ada kesalahpahaman dalam mengambil informasi.



4. Cara Melakukan Root pada Android Tanpa PC

Ada beberapa aplikasi yang dapat kalian unduh di google untuk melakukan rooting, melakukan rooting juga bisa dilakukan menggunakan PC atau tanpa PC. Kali ini Mimin akan membagikan materi melakukan root tanpa menggunakan PC ya sobat supaya kalian semua bisa melakukan ini secara individu. Langsung saja Mimin mulai pembahasannya.




A. Rooting Menggunakan FramaRoot




Bahan :

ー Koneksi Internet supaya kalian bisa download aplikasinya dulu

ー Wajah yang tampan dan cantik, kare sangat berpengaruh dalam menggapai kesuksesan 😂😂




Langkah-langkah :

ー Download aplikasinya di Google atau PlayStore.

ー Buka aplikasi, pilih install SuperSU atau Superuser sesuai kebutuhan.

ー Pilih Gandalf, tunggu proses rooting sampai selesai. Ketika muncul pemberitahuan, itu tanda bahwa proses rooting telah selesai.

ー Restart ponsel kalian, sebelum merestart pastikan aplikasi SuperSU atau Superuser sudah terinstall.





B. Rooting Menggunakan RootGenius




Bahan :

ー Koneksi Internet supaya kalian bisa download aplikasinya dulu

ー Wajah yang tampan dan cantik, kare sangat berpengaruh dalam menggapai kesuksesan 😂😂



Langkah-langkah :

ー Download aplikasinya di Google atau PlayStore.

ー Buka aplikasi, pilih gambar yang berbentuk lingkaran atau bulat.

ー Jika muncul kotak dialog dan di bawahnya ada perintah install, langsung saja kalian pilih install.

ー Tunggu proses rooting selesai, jika muncul tanda like lalu klik ubah mahkota setelah proses rooting selesai.



C. Rooting Menggunakan KingRoot



Aplikasi ini sering sekali digunakan oleh user android untuk melakukan rooting ponsel, hal ini disebabkan karena aplikasi ini sudah mendukung lebih dari 100.000 tipe smartphone yang dapat rooting menggunakan aplikasi ini. Langsung aja tidak usah banyak basa-basi lagi Mimin mulai caranya.




Bahan :

ー Koneksi Internet supaya kalian bisa download aplikasinya dulu

ー Wajah yang tampan dan cantik, kare sangat berpengaruh dalam menggapai kesuksesan 😂😂





Langkah-langkah :

ー Download aplikasinya di Google.

ー Buka aplikasi, klik cek. Maka aplikasi akan memeriksa secara otomatis apakah smartphone kalian mendukung untuk rooting atau tidak.

ー Jika mendukung, maka aplikasi akan langsung memulai rooting. Jika tidak, maka aplikasi akan otomatis keluar menuju halaman desktop smartphone kalian.




Mungkin cukup segitu aja artikel yang bisa Mimin share kali ini ke kalian semua, semoga bermanfaat ya sobat Zone Hack (≧▽≦). Di sini kita sama-sama belajar kok, Mimin juga masih belajar. Oh iya, jangan lupa komentarnya ya sobat Zone Hack biar kita selalu bisa terhubung dan bisa saling share informasi biar bloggernya makin hidup dan rame gitu. Mimin juga minta tolong ya ke sobat Zone Hack semua, jangan lupa share artikel dari Zona Hacking ini. Siapa tahu artikel ini bisa bantu teman kalian yang sedang belajar juga. Insyaallah ke depannya Mimin juga akan membuat artikel yang bermanfaat buat kalian semua, biar kita bisa sama-sama belajar dan terus belajar. Mimin mewakili tim dari Blog Zona Hacking meminta maaf kepada kalian semua apabila materi yang Mimin bagikan kurang bisa dipahami baik dalam segi bahasa, ataupun pemikiran dalam sengaja maupun tidak disengaja. Terimakasih banyak ya sobat Zone Hack (。•̀ᴗ-)✧.



Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

0 Comments