Tenyata Seperti Ini Sejarah Lengkap Internet, Munculnya Topologi, Pengertian, Jenis, Dampak Positif, dan Dampak Negatif Munculnya Jaringan Internet

Tenyata Seperti Ini Sejarah Lengkap Internet, Munculnya Topologi, Pengertian, Jenis, Dampak Positif, dan Dampak Negatif Munculnya Jaringan Internet






Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh



Apa kabar sobat Zone Hack? Semoga kalian baik-baik saja ya (。•̀ᴗ-)✧


              Oh iya sobat Zone Hack, Mimin punya saran kepada kalian sebelum kalian membaca artikel ini, alangkah baiknya kalian sholat dulu ya bagi yang beragama muslim dan bagi non muslim jangan lupa untuk beribadah terlebih dahulu ya. Karena itu sebuah kewajiban yang tidak bisa ditawar lagi ( ꈍᴗꈍ)



            Dahulu, orang-orang melakukan aktifitas sehari-hari dengan peralatan sederhana yang memiliki keuntung itu hanya pada satu bidang saja. Sehingga mereka harus menciptakan suatu alat baru untuk mempermudah melakukan pekerjaan dan mempercepat pekerjaan, seiring dengan munculnya berbagai masalah. Manusia mulai berpikir bagaimana caranya menemukan solusi yang tepat untuk mengakhiri permasalahan yang mereka alami dengan mengembangkan berbagai inovasi pada alat-alat kerja baik dalam skala ringan sampai menuju skala berat. Dari tahun ke tahun, manusia mulai menemukan berbagai macam alat yang dapat memudahkan perkejaan mereka hingga mereka menemukan konsep berpikir untuk mengubah era tradisional menjadi era yang lebih baik. Sebelum Internet muncul, telah ada beberapa sistem komunikasi yang berbasis digital, salah satunya adalah sistem telegraf yang sering kali dianggap sebagai pendahulu Internet. Sistem ini muncul pada abad ke-19, atau lebih dari seratus tahun sebelum internet digunakan secara meluas pada tahun 1990-an. Teknologi telegraf sendiri berasal dari konsep yang ada bahkan sebelum komputer modern pertama diciptakan, yaitu konsep pengiriman data melalui media elektromagnetik seperti radio atau kabel. Namun teknologi ini masih terbatas karena hanya mampu menghubungkan maksimal dua perangkat. Di era selanjutnya, ilmuwan seperti Claude Shannon, Harry Nyquist, dan Ralph Hartley, mengembangkan teori transmisi data dan informasi, yang menjadi dasar bagi banyak teori di bidang ini. Perkembangan terjadi antara lain dalam bentuk jangkauan yang lebih luas dan kecepatan yang meningkat. Namun kesulitan masih terjadi karena hubungan antara dua alat komunikasi tersebut harus terjadi secara fisik, misalnya melalui kabel. Sistem seperti ini tentu tidak aman karena dapat dengan mudah diputus khususnya saat terjadi perang. Kemudain manusia cerdas mulai membangun sebuah suatu instansi atau perusahaan yang bertujuan untuk membuat berbagai macam alat modern sampai mereka berhasil menemukan ide untuk menciptakan internet, membuat komputer, dan menciptakan sebuah sistem tatanan masyarakat yang lebih maju.



            Kalian pernah tidak memikirkan betapa sulitnya orang zaman dulu melakukan aktifitas tanpa internet seperti yang kalian rasakan saat ini? Dengan adanya internet, semua aktifitas masyarakat yang sebelumnya mudah, kini menjadi lebih mudah. Internet tak hanya membantu dalam satu bidang saja, namun sekarang internet sudah seperti teman bagi sebagian orang yang bekerja dalam bidang yang berkaitan dengan internet seperti menjadi YouTuber, Selebgram, Influencer, Streamer, Gamer, UI/UX Desginer, dan masih banyak lagi. Sebelumnya, apakah kalian tahu sejarah internet? Siapa Penemunya? Apa Keuntungannya? Dampak Buruknya? Dan Apa saja yang terdapat dalam internet?


YUK SIMAK PENJELASANNYA (◠‿◕)



                Oh iya sobat Zone Hack, materi ini Mimin ambil dari beberapa sumber yang Mimin jadikan satu menjadi sebuah artikel ya. Jadi ini bukan murni dari pengetahuan Mimin sendiri, karena di sini kita belajar bareng.


        1. Sejarah Jaringan Internet

                  Mengutip dari Wikipedia, Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek lembaga ARPA yang mengembangkan jaringan yang dinamakan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX.

                Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.

                Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.

                Oleh sebab itu ARPANET dipecah menjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET"(Advanced Research Project Agency Network) baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.



        2. Pengertian Jaringan Internet

                      Mengutip dari berbagai sumber artikel, Internet adalah suatu jaringan komunikasi yang memiliki fungsi untuk menghubungkan antara satu media elektronik dengan media elektronik yang lain dengan cepat dan tepat. Jaringan komunikasi tersebut, akan menyampaikan beberapa informasi yang dikirim melalui transmisi sinyal dengan frekuensi yang telah disesuaikan. Untuk standar global dalam penggunaan jaringan internet sendiri menggunakan TCP / IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol).


                        Ada beberapa pengertian Internet menurut para Ahli yaitu sebagai berikut :

            A. Strauss, El-Ansary, dan Frost (2003)

                 Strauss, El-Ansary, dan Frost (2003) menyimpulkan pengertian internet adalah sekumpulan komputer yang terhubung dengan jaringan. Jaringan komputer tersebut bisa diakses dan digunakan oleh siapa pun yang mendapatkan izin akses.


            B. Allan

                Menurut Allan, arti internet adalah jaringan komputer yang saling terhubung dan memiliki kemampuan membaca dan menguraikan Internet Protocol (IP) dan Transmission Control Protocol (TCP). Pengertian tentang IP sendiri akan dijelaskan terpisah pada istilah-istilah dalam internet.

           C. Sarwono

                Menurut Sarwono, internet adalah kumpulan jaringan dengan skala global, di mana tidak seorang pun mampu bertanggung jawab untuk menjalankan internet itu sendiri.

           D. Lani Sidharta

                Internet adalah suatu bentuk interkoneksi antara jaringan komputer yang kemudian dapat memberikan pelayanan dalam bentuk informasi yang disajikan secara lengkap. Lebih lanjut Lani mengatakan bahwa internet juga merupakan rekan maya atau virtual yang ampuh, yang memberikan berbagai manfaat dalam di bidang bisnis, politik, bahkan hingga untuk hiburan semata.

            E. O’Brien

                Menurut O’Brien, pengertian internet adalah suatu jaringan komputer yang berkembang sangat pesat serta memberikan manfaat untuk berbagai macam kepentingan, mulai dari pendidikan, bisnis, hingga jaringan pemerintah yang saling berhubungan antara yang satu dengan lainnya.

                Banyak pendapat yang berbeda mengenai pengertian internet, lalu apakah yang bisa kita lakukan ketika kita menggunakan internet? Di dalam internet, terdapat banyak sekali fitur yang bisa kalian akses.







        3. Manfaat Jaringan Internet


                    A. Mempermudah Aktivitas dan Komunikasi

                        Menurut Mimin, ini manfaat jaringan internet paling pertama. Dengan adanya jaringan internet, kita tidak perlu repot-repot untuk bepergian ke rumah sanak saudara yang jauh hanya untuk bersilaturahmi. Cukup dengan menggunakan media sosial, kita bisa berkomunikasi dan terhubung dengan sanak saudara yang jauh dan pastinya biaya pengeluaran menjadi lebih hemat.


                    B. Memperluas Koneksi dan Bisnis

                         Ini termasuk salah satu dampak positif adanya internet dalam bidang ekonomi, pasalnya dengan adanya beberapa website yang membuka lowongan pekerjaan, website freelancer, dll di dalam jaringan internet yang mudah sekali untuk diakses dapat mengurangi tingkat pengangguran di suatu daerah, negara, bahkan dunia.


                    C. Mempermudah Jalannya Kurikulum Pendidikan

                        Pada tahun 2019 kemarin, jaringan internet telah banyak mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya antusias masyarakat dalam menggunakan teknologi internet untuk kebutuhan belajar mengajar khususnya dalam bidang akademik. Bahkan kini tidak hanya pada sistem akademik, segala sistem kependidikan juga bisa diakses lewat internet. Mulai dari pendaftaran sekolah, perekrutan pegawai, hingga sistem pada berbagai tingkat ujian.


                    D. Menjaga Keamanan Identitas Warga Negara

                        Dengan berkembangnya keamanan di dalam jaringan internet, kini masyarakat tidak perlu khawatir dengan masalah rusaknya datayang anda simpan di dalam lemari, laci meja, dan di tempat lainnya. Negara sudah mengatur tempat penyimpanan setiap identitas warga negaranya di dalam website masing-masing daerah dan pemerintah juga memberikan pengamanan website tersebut agar tetap tersimpan dengan rapi.


                    E. Sebagai Sarana Kesuksesan Bisnis


                        Salah satu manfaat jaringan internet dalam bidang bisnis yaitu ketika digunakan sebagai media perantara bagi bertemunya penjual dan pembeli secara virtual, kemudian mereka juga dapat melakukan transaksi pembayaran secara virtual, melakukan marketing melalui sosial media, website, blogger atau platform lainnya.







        4. Dampak Negatif Jaringan Internet


            A. Banyak Penipuan

                   Semua hal di dunia ini pasti memiliki dampak positif dan negatifnya masing-masing, begitu juga dengan internet. Dikarenakan transaksi di dalam internet dilakukan secara virtual, hal ini dapat dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab untuk menipu orang lain agar memperoleh keuntungan sendiri. Selain itu, di dalam internet juga terdapat banyak situs yang mewajibkan setiap orang memasukkan identitas aslinya pada saat pendaftaran akun. Hal ini juga sering dimanfaatkan oleh para hacker dan cracker sebagai umpan untuk menipu orang lain dengan menggunakan situs palsu, cara ini biasa disebut juga dengan phising/fishing yang berarti mempunyai konsep memancing korban.


            B. Memperbanyak Pelecehan, Rasisme, dan Bullying

                    Dikarenakan adanya sosial media dan kebebasan seseorang untuk melakukan berbagai macam hal di dalam internet, hal ini justru dimanfaatkan oleh yang tidak memiliki hati nurani sehingga dia menghina, membully, dan membuat orang lain sakit hati dengan cara menghina orang tersebut dengan menggunakan akun palsu. Untuk kasus pelecehan seksual juga kerap terjadi beberapa tahun ke belakang ini, kasusnya terjadi karena berawal dari modus dari akun sosial media dengan berkedok mencari pertemanan atau jodoh. Setelah itu, korban dipancing dengan dihasut akan diberikan sesuatu oleh pelaku yang mampu membuat korban percaya dan akhirnya mereka bertemu sampai terjadilah kasus tersebut.


            C. Banyaknya Gambar yang Bersifat Vulgar

                 Di zaman modern yang semakin bebas ini, dampak negatif dari internetpun juga semakin bertambah. Salah satunya gambar vulgar, di zaman sekarang gambar yang bersifat vulgar justru di sebarluaskan dan diperjual belikan melalui sebuah website dengan harga yang sudah ditentukan oleh si penjual gambar tersebut demi mencari keuntungan diri sendiri.


            D. Anti Sosial

                    Internet adalah sesuatu yang asik, seseorang bisa menggunakan internet selama berjam-jam tanpa henti. Maka dari itu, banyak anak-anak yang lebih sering berada di kamar dan bermain internet ketimbang ke luar rumah dan melakukan kegiatan sosial dengan teman-teman sebayanya.

                    Ini adalah salah satu dampak buruk dari internet. Seseorang yang hanya berpaku pada internet dan tidak melakukan interaksi secara langsung bukanlah hal yang baik.


            E. Maraknya Berita Palsu (Hoax)

                   Maraknya Berita Palsu / Hoax ini sempat menjadi topik hangat dari berbagai kalangan masyarakat. Biasanya berita hoax ini muncul dari berbagai macam keluh kesah masyarakat, sehingga ada oknum yang sengaja memanfaatkan masalah itu dan membuat berita palsu lalu disebar luaskan melalui artikel, sosial media, blogger, bahkan sampai skala website. Kasus berita palsu ini sangat berbahaya bagi orang lain, bangsa, dan negara karena efeknya akan berdampak pada kebijaksanaan suatu negara dalam menangani kehidupan berbangsa dan bernegara.







        5. Fitur-fitur Jaringan Internet

                  Di dalam jaringan internet, terdapat banyak sekali software, website, dan layanan akses lainnya terutama search engine. Di dalam search engine atau mesin pencari, kalian dapat mencari berbagai macam informasi. Mulai dari lowongan pekerjaan, Sumber Ilmu Pengetahuan, Peluang Bisnis, sampai ke dalam Dokumen Negara. Di dalam jaringan internet, seseorang atau bisa disebut sebagai user (brainware) bisa mengembangkan bakat, bisnis, dan ilmu pengetahuan mereka tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar.


                  Namun, search engine yang sering digunakan hanyalah untuk menjelajahi dokumen yang bersifat umum dan dinilai masih layak untuk berbagai kalangan usia dan dari berbagai macam bidang.Namun, ada search engine juga memiliki beberapa macam tipe jaringan berdasarkan tingkat kerentanan suatu data. Jaringan Internet juga memiliki beberapa macam jenis yaitu LAN, WAN, PAN, dll. Yang akan Mimin bahas setelah sesi ini.








        6. Jenis Jaringan Internet


            A. PAN (Personal Area Network)



            Jenis jaringan ini mencakup wilayah yang lebih kecil, misalnya saja pada kantor, dan rumah. Biasanya, banyak digunakan hanya untuk keperluan internet, serta printer. Dan tidak memerlukan resources yang besar untuk menggunakan jaringan PAN.



            B. LAN (Local Area Network)



            Jaringan LAN berfungsi untuk menghubungkan perangkat jaringan dalam kondisi jangkauan yang relatif kecil. Contoh penerapan jaringan LAN yaitu sistem jaringan pada sekolah, kantor, maupun rumah.



            C. WAN (Wide Area Network)



            WAN merupakan kumpulan dari LAN yang tersebar secara geografis. Jaringan WAN cenderung untuk menggunakan teknologi seperti ATM, X.25, serta Frame Relay untuk konektivitas jarak yang lebih jauh lagi.



            D. VPN (Virtual Private Network)



            VPN merupakan salah satu solusi untuk menyediakan koneksi internet yang lebih aman. VPN dapat membuat jalur aman untuk kebutuhan transmisi data. Saat ini, banyak sekali platform yang menjual VPN secara gratis, maupun menyediakan akses premium.









        7. Jenis Topologi Jaringan


                  Selain Jenis-jenis jaringan internet, jaringan internet juga mempunyai beberapa jenis topologi yang digunakan sesuai kebutuhan perusahaan. Jenis-jenis topologi itu antara lain sebagai berikut :



            A. Topologi Bus



            Topologi yang terdapat pada jaringan komputer jenis bus disebut dengan backbone. Topologi ini menggunakan kabel coaxial yang dibentangkan dan komputer terhubung pada kabel tersebut.

            Keunggulan topologi ini yaitu penggunaan topologi bus pada jaringan komputer memiliki biaya instalasi yang murah. Selain itu, kerusakan yang terjadi pada satu komputer tidak akan memengaruhi komunikasi pada komputer lainnya.Namun jika kabel utama pada topologi ini terputus, maka semua aktifitas internet akan terputus.



            B. Topologi Ring



            Topologi jenis ini merupakan sebuah media transisi yang menguntai dari terminal pertama ke terminal lainnya. Pada akhirnya, membentuk lingkaran. Jalur transmisi topologi ini hanya satu arah.

            Kegagalan yang terjadi pada satu komputer di topologi ring bisa diatasi dengan menyalurkan data melalui jalur lainnya yang masih terhubung.




            C. Topologi Star



            Topologi dan keamanan jaringan komputer model star menggunakan sebuah alat yang bernama concentrator. Alat ini dapat berupa hub atau switch yang menjadi pusat komputer dalam jaringan.

            Pengelolaan jaringan ini lebih mudah. Apabila terjadi kesalahan dalam komunikasi, maka akan mudah dicari. Sebab, setiap komponennya langsung terhubung ke simpul pusat.





Mungkin cukup segitu aja artikel yang bisa Mimin share kali ini ke kalian semua, semoga bermanfaat ya sobat Zone Hack (≧▽≦).




            Di sini kita sama-sama belajar kok, Mimin juga masih belajar. Oh iya, jangan lupa komentarnya ya sobat Zone Hack biar kita selalu bisa terhubung dan bisa saling share informasi biar bloggernya makin hidup dan rame gitu. Mimin juga minta tolong ya ke sobat Zone Hack semua, jangan lupa share artikel dari Zona Hacking ini. Siapa tahu artikel ini bisa bantu teman kalian yang sedang belajar juga. Insyaallah ke depannya Mimin juga akan membuat artikel yang bermanfaat buat kalian semua, biar kita bisa sama-sama belajar dan terus belajar. Mimin mewakili tim dari Blog Zona Hacking meminta maaf kepada kalian semua apabila materi yang Mimin bagikan kurang bisa dipahami baik dalam segi bahasa, ataupun pemikiran dalam sengaja maupun tidak disengaja. Terimakasih banyak ya sobat Zone Hack (。•̀ᴗ-)✧.




Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

0 Comments