MENGENAL SEPERTI APA ASAL-USUL WEBSITE? SEJARAH LENGKAP WEBSITE, JENIS, DAN BERBAGAI MACAM DAMPAKNYA PART 1 ー ZONA HACKING

MAU TAHU BERBAGAI DAMPAK MUNCULNYA WEBSITE? YUK BELAJAR WEBSITE ー PART 1



Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh



Apa kabar sobat Zone Hack? Semoga kalian baik-baik saja ya (。•̀ᴗ-)✧


            Oh iya sobat Zone Hack, Mimin punya saran kepada kalian sebelum kalian membaca artikel ini, alangkah baiknya kalian sholat dulu ya bagi yang beragama muslim dan bagi non muslim jangan lupa untuk beribadah terlebih dahulu ya. Karena itu sebuah kewajiban yang tidak bisa ditawar lagi ( ꈍᴗꈍ)


            Guys, kalian pernah gak sih bertanya di dalam hati kalian sendiri apa jadinya kalau jaringan internet tidak ada fitur yang bisa kalian gunakan seperti sekarang ini? Mungkin saja jaringan internet ini tidak akan memberikan fungsi yang banyak kepada masyarakat dunia. Pada artikel sebelumnya, Mimin sempat menyinggung tentang apa saja fitur yang tersedia di dalam jaringan internet salah satunya adalah website atau situs untuk perusahaan. Website yang kita maksud di sini adalah website dalam bentuk digital ya guys, Website di dalam jaringan internet ini digunakan untuk mencari berbagai macam kebutuhan penggunanya. Di dalam jaringan internet juga terdapat berbagai macam konten baik legal maupun ilegal, website atau alamat situs itulah yang menyimpan dan menampung berbagai macam konten. Website itu sendiri tersusun dari beberapa bagian sehingga menjadi sebauh satu kesatuan yang disebut website.


            Kalian pernah kepikiran gk, apa saja sih bagian website itu? Di dalam search engine dan jaringan internet, terdapat banyak sekali website, website toko online, website pemerintah, website pribadi, dan masih banyak lagi. Kalau kalian masih memikirkan pertanyaan itu, mungkin artikel Mimin kali ini bisa sedikit menjawab rasa penasaran kalian. Pada artikel ini Mimin akan membagikan materi seputar website mulai dari Sejarah, Jenis, dan Fungsi dari Website tersebut dan mungkin masih banyak hal lain lagi yang akan Mimin bahas pada artikel kali ini. Jadi buat kalian yang ingin tahu semuanya tentang website, dan materi seputar teknologi. Kalian bisa baca artikel ini sampai selesai ya.



YUK SIMAK PENJELASANNYA BAIK-BAIK YA (◠‿◕)



  1. Sejarah Website





            Website pertama kali ditemukan oleh Sir Timothy John tepatnya pada tahun 1991, Sir Timothy John membuat website ini karena munculnya kendala dalam menyimpan berbagai macam data dan informasi tentang penelitian yang Sir John dan rekan-rekannya lakukan. Ya, Mimin memanggil beliau dengan nama Sir John agar tidak terlalu panjang untum menyebutnya. Sir John memikirkan bagaimana caranya agar bisa menyimpan data dan memperbarui data secara bersamaan serta aman dari berbagai macam kendala.


            Akhirnya Sir John menemukan sebuah ide untuk membuat suatu tempat penyimpanan digital yang mempunya alamat dan bisa dipublikasikan dengan mudah tanpa mengeluarkan biaya yang besar dan semua masyarakat bisa membacanya, alamat ini diberikan supaya mempermudah seseorang dalam menemukan informasi dan data terbaru yang dipublikasikan oleh mereka dalam bentuk digital. Penemuan website tersebut pada tahun 1991 dan bisa diakses menggunakan jaringan internet. Dalam membuat sebuah gudang data yang memiliki alamat, pastilah memiliki berbagai unsur. Unsur tersebut antara lain :

A. Domain (Sebagai alamat website)
B. Bandwidth (Sebagai ruang penyimpanan data)
C. Tittle (Sebagai Judul yang akan terdeteksi oleh Search engine)
D. Header (Sebagai bagian atas website, biasanya menyatu dengan Navigasi Bar)
E. Navbar / Navigasi Bar (Sebagai menu konten pada website)
F. Konten / Isi (Sebagai inti dari tampilan website tersebut)
G. Footer (Sebagai bagian paling bawah pada website, biasanya menyatu dengan informasi lain seperti sosial media, customer care, dll).




Ingin tahu penjelasan lebih lengkapnya? Lanjut baca bareng Mimin yuk sobat Zone Hack (。•̀ᴗ-)✧




Baca dengan Cermat ya sobat Zone Hack (◠‿・)—☆




       2. Fungsi, dan Penjelasan Lengkap Komponen Website



            A. Domain (Alamat URL/Link sebuah website)



            Domain merupakan alamat sebuah website, domain dapat diibaratkan seperti alamat rumah seseorang. Fungsi dari alamat adalah sebagai tanda kepemilikan suatau hal atas perorangan, perusahaan, perbankan, atau bahkan mencapai skala negara. Jikalau seseorang ingin mencari suatu informasi pada sebuah website, pastilah orang tersebut akan mengingat dan mengunjungi website tersebut untuk mendapatkan suatu informasi yang lebih rinci dan terbaru.


            B. Bandwidth



            Bandwidth adalah ruang untuk menyimpan berbagai macam data dan informasi penting yang bisa dirubah dengan menggunakan akun admin, bandwidth ada yang memiliki kapasitas penyimpanan dan ada juga yang tidak terbatas kapasitas penyimpanannya tergantung dari konten apa yang dimuat di dalam website tersebut.


            C. Tittle / Judul



            Judul adalah penanda dari sebuah artikel pada sebuah website, judul memiliki fungsi sebagai topik atau inti dari pembahasan sebuah artikel dan bisa juga sebagai tanda agar informasi dan data pada website tersebut dapat terindeks oleh search engine atau mesin pencari dari rating pengunjung.


            D. Header



            Header merupakan bagian paling atas dari sebuah halaman website, untuk membuat header pada website dengan tampilan yang menarik. Sobat Zone Hack bisa membuatnya dengan paduan bahasa pemrograman seperti HTML, CSS, ataupun JavaScript. Seperti website pada umumnya, header biasanya menyatu dengan Navigasi Bar atau Navbar. Fungsi dibuatnya header ini bisa sebagai penghias halaman paling atas dalam sebuah website, atau untuk menyatukan menu navigasi bar dalam sebuah website agar tampilan Navigasi Bar terlihat lebih menarik jika digabungkan dengan Header.

            E. Navbar / Navigasi Bar



            Navigasi Bar sebuah website biasanya terdiri dari beranda, menu, kontak, tentang website, customer care, dll dan navbar biasanya digabungkan dengan Header website. Navbar sendiri berfungsi untuk mempermudah user atau pengunjung dalam menemukan informasi. Navbar juga bisa memiliki widget, atau sidebar yang berfungsi untuk memunculkan beberapa menu materi yang terdapat di dalam tersebut.

            F. Konten / Materi/ Isi Website



            Bagian ini merupakan tujuan inti dari user, di bagian ini. User atau pengguna dapat menemukan berbagai informasi, data, maupun hal lain yang mampu menarik minat user. Fungsi utama dari Konten atau Isi Website ini adalah menarik minat user untuk mengakses website dari perusahaannya tersebut.


            G. Footer



            Footer adalah bagian paling bawah dari halaman website, biasanya footer juga dihias dengan desain yang menyerupai header website. Di bagian ini, seringkali seorang developer atau admin website menambahkan beberapa informasi penting yang belum terdapat pada bagian sebelumnya. Footer bisa juga sebagai promosi sosial media agar user dapat menjadi pengikut website tersebut dan mendapatkan keuntungan dari website tersebut berupa informasi terbaru dan informasi menarik lainnya.


    3. Kegunaan Website


        A. Sebagai tempat menyimpan data

            Seperti tujuan Sir John membuat website, website bertujuan untuk menyimpan data, dan informasi yang bersifat pribadi, umum, maupun bisnis yang tersusun rapi dan tidak bisa dirubah oleh siapapun kecuali user lain mengetahui akun admin website tersebut.

        B. Membuka Lapangan Kerja

            Di zaman sekarang, orang lebih memilih membuat website untuk mendirikan sebuah usaha sendiri menggunakan website. Dengan membuat website sendiri, seseorang mampu menawarkan produk usahanya ke seluruh sosial media menggunakan fitur promosi atau mempromosikan produk usahanya dengan menggunakan layanan lainnya yang tersedia di dalam search engine dan jaringan internet.

       C. Mempermudah Mencari Informasi

            Selain 2 fungsi di atas, website juga mempermudah seseorang mencari sebuah informasi. Mengapa demikian? Karena website menyediakan berbagai macam informasi menarik dengan judul yang mendukung terindeksnya sebuah informasi, kemudian website tersebut bisa ditampilkan di bagian pencarian search engine.


            Segala sesuatu yang diciptakan manusia pastilah mempunyai dampak positif dan negatif, selain dampak positif. Mimin juga akan memberikan informasi tentang dampak negatif dari website nih, supaya kalian bisa menghindari berbagai macam dampak negatif tersebut. Jadi, STAY TUNE di sini terus ya sobat Zone Hack (≧▽≦).


    4. Dampak Negatif Website


A. Membahayakan Informasi Pribadi
B. Banyak Penipuan
C. Pelecehan Seksual dan Cyber Bullying
D. Banyaknya Video atau Gambar Kekerasan
E. Anti Sosial
F. Banyaknya Berita Hoax
G. Banyaknya Konten Pornografi




            Mungkin cukup segitu aja artikel yang bisa Mimin share kali ini ke kalian semua, semoga bermanfaat ya sobat Zone Hack (≧▽≦). Oh iya sobat Zone Hack, insyaallah pada artikel selanjutnya Mimin akan meneruskan materi ini karena masih banyak materi yang akan Mimin share. Di sini kita sama-sama belajar kok, Mimin juga masih belajar. Oh iya, jangan lupa komentarnya ya sobat Zone Hack biar kita selalu bisa terhubung dan bisa saling share informasi biar bloggernya makin hidup dan rame gitu. Mimin juga minta tolong ya ke sobat Zone Hack semua, jangan lupa share artikel dari Zona Hacking ini. Siapa tahu artikel ini bisa bantu teman kalian yang sedang belajar juga. Insyaallah ke depannya Mimin juga akan membuat artikel yang bermanfaat buat kalian semua, biar kita bisa sama-sama belajar dan terus belajar. Mimin mewakili tim dari Blog Zona Hacking meminta maaf kepada kalian semua apabila materi yang Mimin bagikan kurang bisa dipahami baik dalam segi bahasa, ataupun pemikiran dalam sengaja maupun tidak disengaja. Terimakasih banyak ya sobat Zone Hack (。•̀ᴗ-)✧.


Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

0 Comments