CARA MEMPERKUAT KEMANAN AKUN INSTAGRAM DARI RETASAN HACKER ー ZONA HACKING

CARA MEMPERKUAT KEMANAN AKUN INSTAGRAM DARI RETASAN HACKER ー ZONA HACKING






Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh



Apa kabar sobat? Semoga kalian baik-baik saja ya (。•̀ᴗ-)✧


            Oh iya sobat, Mimin punya saran kepada kalian sebelum kalian membaca artikel ini, alangkah baiknya kalian sholat dulu ya bagi yang beragama muslim dan bagi non muslim jangan lupa untuk beribadah terlebih dahulu ya. Karena itu sebuah kewajiban yang tidak bisa ditawar lagi ( ꈍᴗꈍ). Oh iya, buat sobat yang baru mampir ke blogger ini. Mimin ucapin Selamat Datang ya, jangan malu-malu untuk bertanya di kolom komentar. Karena kalian di sini sudah seperti keluarga bagi Mimin, tapi kan virtual min? Virtual atau tidak, itu tidak masalah buat Mimin. Yang terpenting kita sudah menjadi satu keluarga (≧▽≦).



            Di zaman milenial ini, manusia sudah menggunakan berbagai macam teknologi untuk mencari informasi dan hal bermanfaat lainnya, salah satu teknologi yang sering dipakai oleh manusia adalah sosial media. Sosial media banyak digunakan manusia bukan hanya untuk mencari informasi, melainkan juga digunakan untuk bekerja, sebagai sarana hiburan, dan lain-lain. Membahas tentang sosial media, sekarang banyak sekali berbagai macam akun sosial media diretas oleh hacker. Hal ini bisa terjadi karena akun korban tidak memiliki keamanan yang cukup kuat untuk melindungi akunnya. Mimin melihat sekarang banyak sekali akun sosial media yang dijadikan sebagai akun bisnis dapat dengan mudahnya diretas seorang hacker, akun yang lemah tersebut dapat diretas karena berbagai macam faktor yaitu lemahnya kata kunci akun korban, tidak memiliki fitur autentikasi dua kali, dan masih banyak hal lainnya. Untuk mengatasi hal tersebut, kalian perlu memperkuat keamanan akun kalian supaya hacker tidak dapat meretas akun kalian dengan mudah.



            Pada kesempatan kali ini, Mimin akan memberikan tutorial bagaimana cara mengamankan akun Instagram kalian. Materi ini sangat cocok buat kalian yang memiliki pekerjaan sebagai Selebgram, Seller Produk, ataupun Marketer Online supaya mengamankan akun Instagram kalian agar tidak dapat dengan mudah diretas oleh hacker. Pada kesempatan kali ini, Mimin akan membagikan tutorial cara memperkuat keamanan akun Instagram.




YUK SIMAK PENJELASANNYA BAIK-BAIK YA SOBAT (◠‿◕)



PASTIKAN KALIAN MEMBACA DENGAN CERMAT YA, DAN JANGAN LUPA SIAPKAN CEMILAN BUAT NAIKIN MOOD KALIAN (≧▽≦)



        1. Tutorial Memperkuat Keamanan Akun Instagram




                    Untun memperkuat akun Instagram,  Ada berbagai macam cara untuk memperkuat akun instagram anda. Kalian tidak perlu repot-repot mendownload berbagai macam bahan seperti pada tutorial lain. Kalian hanya perlu melakukan beberapa perubahan pengaturan pada akun kalian, 


        A. Gunakan 2 Factor Authenticator




            Mengapa harus menggunakan 2x authenticator? Hal ini bertujuan untuk mengamankan akun Instagram kalian yang biasanya berisi 2 metode untuk masuk ke akun kalian ketika kalian lupa password akun kalian, 2 metode autentikasi ini hanya kalian yang dapat menjawabnya. Pastikan kalian memfoto bagian autentikasi, hal ini sangat berguna jika kalian lupa dengan jawaban pada autentikasi yang kalian atur sebelumnya. 2X Authenticator juga dapat membingungkan seorang hacker untuk meretas akun kalian, karena semua jawaban pada autentikasi tersebut hanya kalian yang mengetahuinya.


        B. Buat Password dari Berbagai Campuran Simbol dan Huruf



            Hal ini merupakan faktor paling penting dalam memperkuat akun Instagram kalian, dengan adanya kata sandi yang memadukan antara Huruf dan Simbol seperti yang disarankan oleh developer instagram pada saat mendaftar. Hal ini dapat membuat hacker tidak dapat menebak kata sandi kalian secara mudah dikarenakan kalian memadukan huruf dengan berbagai macam simbol, jangan lupa juga kalian harus mencatat kata sandi tersebut dalam menjaga keutuhan akun kalian supaya kalian tidak lupa dengan kata sandi akun yang kalian buat sendiri.



        C. Pastikan Email dan Nomor Handphone Kalian Aman



            Hal ini juga termasuk salah satu faktor yang dapat memperkuat akun kalian, dengan cara kalian menjaga keamanan akun dan nomor handphone kalian. Maka hacker tidak akan mengetahui apapun tentang akun kalian, jangan asal memasukkan alamat email kalian ke berbagai situs yang kalian rasa itu mencurigakan karena dari alamat situs tersebutlah hacker dapat mengetahui informasi tentang akun kalian sekecil apapun itu.


        D. Hapus Aplikasi Pihak ke 3 yang Bersifat Mencurigakan



            Hal ini sangat berguna ketika kalian memiliki sebuah aplikasi yang kalian sendiri tidak mengetahui apa saja yang terdapat di dalam aplikasi tersebut, bisa saja itu sebuah aplikasi jebakan supaya anda memasukkan data diri yang mungkin saja data itu merujuk pada alamat email atau nomor telepon anda untuk masuk ke akun Instagram kalian.



        E. Hindari Berbagai Postingan yang Bersifat Give Away



            Kalian harus sering menghindari postingan yang bersifat give away, karena kita tidak pernah tahu apakah akun itu akun asli dari pemilik give away atau bukan. Bisa saja situs giveaway tersebut merupakan situs phising yang digunakan oleh seorang hacker untuk mencari korban supaya korban mengisi berbagai data yang telah disediakan pada dashboard signup, login, dan sebagainya.



        F. Bijaklah dalam Memposting Sesuatu



            Seringkali seseorang memposting sesuatu di dalam akun mereka seperti hari ulangtahunnya, memposting kartu kredit, memposting bukti resi pembayaran pada toko online, dan lain-lain. Hal tersebut bukan membahayakan akun kita saja, jika kita memposting sebuah kartu kredit dengan identitas lengkap yang tidak kalian sensor, itu bisa saja menjadi target hacker untuk melakukan penyerangan dengan menggunakan meotde lainnya.



        G. Catat Semua Informasi yang Bersifat Penting

            Salah satu cara untuk melakukan faktor ini yaitu dengan membuat sebuah file yang berisi tentang data yang bersifat pribadi dan terkait dengan akun kalian seperti kata sandi, username, alamat email, nomor telepon, tanggal lahir, jawaban autentikasi, dan masih banyak lagi. Kemudian kalian simpan di dalam folder yang kalian tahu, hal ini akan sangat membantu kalian dalam mengamankan akun kalian sendiri. Apabila kalian lupa password akun kalian, kalian hanya tinggal membuka file yang telah kalian simpan di dalam folder.



        H. Jadikan Akun Instagram Sebagai Akun Private



            Hal ini sebenarnya penting, namun bisa kalian abaikan jika kalian bekerja sebagai pedagang, Selebgram, Online Marketer, Influencer, Endorsment, dan lain-lain. Cara tersebut digunakan jika kalian hanya ingin menggunakan Instagram sebagai media hiburan semata, karena semua hal yang akan kalian posting itu akan bersifat pribadi. Maka kalian perlu memperkuat akun Instagram kalian dengan menggunakan faktor ini supaya hacker tidak dapat melihat celah sedikitpun untuk meretas akun kalian.


        I. Pastikan Nomor Handphone dan Email Selalu Aktif

            Memastikan nomor handphone aktif merupakan sebuah cara yang sangat penting dalam memperkuat akun kalian, pasalnya dari sinilah kalian akan mendapatkan kode verifikasi yang dikirimkan oleh Instagram jika kalian lupa password dengan akun kalian. Jadi, pastikan semuanya selalu tersimpan dalam file secara rapi dan pastikan semua data tersebut selalu aktif ya sobat (◠‿・)—☆(◠‿◕)


        J. RUTIN MENGGANTI PASSWORD




            Rutin Mengganti Password juga dapat meningkatkan keamanan akun instagram kalian dari berbagai ancaman dan serangan hacker, cara ini dapat membingungkan hacker dalam menebak kata sandi yang kalian buat. Jangan lupa juga kalian simpan berbagai informasi tersebut dalam bentuk file dan simpanlah dalam folder penyimpanan yang aman.


        K. Kenali Alamat Situs Asli Instagram




            Dengan mengenalin alamat situs asli dari instagram, kalian akan dapat membedakan antara situs yang asli dan situs phising. Hal ini dapat mengurangi kalian dari penipuan situs berkedok give away atau follower gratis dari media sosial orang lain yang tidak kalian kenal.


            Mungkin cukup segitu aja artikel yang bisa Mimin share kali ini ke kalian semua, semoga bermanfaat ya sobat Zone Hack (≧▽≦). Di sini kita sama-sama belajar kok, Mimin juga masih belajar. Oh iya, jangan lupa komentarnya ya sobat Zone Hack biar kita selalu bisa terhubung dan bisa saling share informasi biar bloggernya makin hidup dan rame gitu. Mimin juga minta tolong ya ke sobat Zone Hack semua, jangan lupa share artikel dari Zona Hacking ini. Siapa tahu artikel ini bisa bantu teman kalian yang sedang belajar juga. Insyaallah ke depannya Mimin juga akan membuat artikel yang bermanfaat buat kalian semua, biar kita bisa sama-sama belajar dan terus belajar. Mimin mewakili tim dari Blog Zona Hacking meminta maaf kepada kalian semua apabila materi yang Mimin bagikan kurang bisa dipahami baik dalam segi bahasa, ataupun pemikiran dalam sengaja maupun tidak disengaja. Terimakasih banyak ya sobat Zone Hack (。•̀ᴗ-)✧.



Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

0 Comments