10 Cara Memperkuat Keamanan Akun YouTube Dari Retasan Hacker ー Zona Hacking

10 Cara Memperkuat Keamanan Akun YouTube Dari Retasan Hacker ー Zona Hacking





Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.



Apa kabar sobat? Semoga kalian baik-baik saja ya (。•̀ᴗ-)✧


Oh iya sobat, Mimin punya saran kepada kalian sebelum kalian membaca artikel ini, alangkah baiknya kalian sholat dulu ya bagi yang beragama muslim dan bagi non muslim jangan lupa untuk beribadah terlebih dahulu ya. Karena itu sebuah kewajiban yang tidak bisa ditawar lagi ( ꈍᴗꈍ). Oh iya, buat sobat yang baru mampir ke blogger ini. Mimin ucapin Selamat Datang ya, jangan malu-malu untuk bertanya di kolom komentar. Karena kalian di sini sudah seperti keluarga bagi Mimin, tapi kan virtual min? Virtual atau tidak, itu tidak masalah buat Mimin. Yang terpenting kita sudah menjadi satu keluarga (≧▽≦).



            Di zaman milenial ini, manusia sudah menggunakan berbagai macam teknologi untuk mencari informasi dan hal bermanfaat lainnya, salah satu teknologi yang sering dipakai oleh manusia adalah sosial media. Sosial media banyak digunakan manusia bukan hanya untuk mencari informasi, melainkan juga digunakan untuk bekerja, sebagai sarana hiburan, dan lain-lain. Membahas tentang sosial media, sekarang banyak sekali berbagai macam akun sosial media diretas oleh hacker. Hal ini bisa terjadi karena akun korban tidak memiliki keamanan yang cukup kuat untuk melindungi akunnya. Mimin melihat sekarang banyak sekali akun sosial media yang dijadikan sebagai akun bisnis dapat dengan mudahnya diretas seorang hacker, akun yang lemah tersebut dapat diretas karena berbagai macam faktor yaitu lemahnya kata kunci akun korban, tidak memiliki fitur autentikasi dua kali, dan masih banyak hal lainnya. Untuk mengatasi hal tersebut, kalian perlu memperkuat keamanan akun kalian supaya hacker tidak dapat meretas akun kalian dengan mudah.



            Pada kesempatan kali ini, Mimin akan memberikan tutorial bagaimana cara mengamankan akun YouTube kalian. Hal ini sangat berguna sekali buat kalian yang ingin merintis menjadi influencer atau konten creator, sebelum membangun sebuah konten. Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah meningkatkan keamanan akun kalian terlebih dahulu, jangan sampai akun kalian terkena serangan hacker seperti pada channel keluarga Gen Halilintar. Hal ini ditujukan untuk antisipasi supaya nanti kalau sudah mendapat adsense, akun kalian akan tetap aman dan tidak dapat diretas oleh hacker. Materi ini sangat cocok buat kalian yang memiliki pekerjaan sebagai konten creator dan Influencer. Pada kesempatan kali ini, Mimin akan membagikan tutorial cara memperkuat keamanan akun YouTube.




YUK SIMAK PENJELASANNYA BAIK-BAIK YA SOBAT (◠‿◕)



PASTIKAN KALIAN MEMBACA DENGAN CERMAT YA, DAN JANGAN LUPA SIAPKAN CEMILAN BUAT NAIKIN MOOD KALIAN (≧▽≦)



        1. Tutorial Memperkuat Keamanan Akun Instagram

            Untuk memperkuat akun YouTube, kalian tidak perlu repot-repot mendownload berbagai macam bahan seperti pada tutorial lain. Kalian hanya perlu melakukan beberapa perubahan pengaturan pada akun kalian, lalu apa sajakah langkah-langkahnya? Selain mengubah privasi akun, beberapa hal yang akan Mimin sampaikan kepada kalian ini harus kalian perhatikan dengan cermat, jeli, dan seksama.


        A. Gunakan Email yang Berbeda dengan Email Pribadi



            Seringkali, sebagian orang membuat akun YouTube dengan alamat Gmail yang sudah tertera pada android masing-masing. Tanpa kalian sadari, kalian mendaftarkan sesuatu yang kalian butuhkan menggunakan 1 alamat email yaitu email pribadi. Dengan adanya campuran berbagai kegiatan di dalamnya, maka itu dapat memberikan peluang yang sangat besar bagi hacker untuk mendapatkan berbagai macam akses yang kalian buat dalam 1 akun email. Dengan menggunakan cara ini, penyerang akan lebih sulit dalam menemukan alamat email YouTube kalian dikarenakan email YouTube tersebut sudah kalian pisahkan.


        B. Gunakan 2X Authenticator



            Mengapa harus menggunakan 2x authenticator? Hal ini bertujuan untuk mengamankan akun Instagram kalian yang biasanya berisi 2 metode untuk masuk ke akun kalian ketika kalian lupa password akun kalian, 2 metode autentikasi ini hanya kalian yang dapat menjawabnya. Pastikan kalian memfoto bagian autentikasi, hal ini sangat berguna jika kalian lupa dengan jawaban pada autentikasi yang kalian atur sebelumnya. 2X Authenticator juga dapat membingungkan seorang hacker untuk meretas akun kalian, karena semua jawaban pada autentikasi tersebut hanya kalian yang mengetahuinya.


        C. Buat Password dari Berbagai Campuran Simbol dan Huruf



            Hal ini merupakan faktor paling penting dalam memperkuat akun Instagram kalian, dengan adanya kata sandi yang memadukan antara Huruf dan Simbol seperti yang disarankan oleh developer YouTube pada saat mendaftar. Hal ini dapat membuat hacker tidak dapat menebak kata sandi kalian secara mudah dikarenakan kalian memadukan huruf dengan berbagai macam simbol, jangan lupa juga kalian harus mencatat kata sandi tersebut dalam menjaga keutuhan akun kalian supaya kalian tidak lupa dengan kata sandi akun yang kalian buat sendiri.



        D. Pastikan Email dan Nomor Handphone Kalian Aman



            Hal ini juga termasuk salah satu faktor yang dapat memperkuat akun kalian, dengan cara kalian menjaga keamanan akun dan nomor handphone kalian. Maka hacker tidak akan mengetahui apapun tentang akun kalian, jangan asal memasukkan alamat email kalian ke berbagai situs yang kalian rasa itu mencurigakan karena dari alamat situs tersebutlah hacker dapat mengetahui informasi tentang akun kalian sekecil apapun itu.


        E. Pengaturan dan Periksa Izin Channel Level Kamu Secara Rutin



            Penting untuk mengetahui siapa saja yang dapat mengakses channel kalian. Agar tetap aman, periksa izin secara berkala dan hapus orang yang tidak kalian kenal atau orang yang tidak seharusnya memiliki akses ke akun kalian.


        F. Waspada dan Laporkan Potensi Scam



            Peretas atau Hacker bisa menyamar sebagai seseorang yang kalian percayai untuk mengambil informasi pribadi. Jika kalian melihat ada pesan email dari YouTube yang masuk ke dalam bagian spam, kalian bisa langsung melaporkan pesan tersebut ke pihak Gmail.


        G. Gunakan Akun Email Cadangan



            Hal ini sangat berfungsi apabila salah satu email kalian mengalami kendala ketika memasuki akun, di sinilah peran penting akun alternatif. Akun alternatif bisa menggantikan akun kalian yang sedang mengalami kendala tersebut dengan syarat kalian harus hafal alamat email dan password email cadangan kalian.


        H. Jangan Berikan Informasi Anda melalui Email

            Kalian harus berhati-hati, serangan yang ditemukan beberapa bulan lalu menunjukkan bahwa URL berbahaya, dengan menyamar sebagai tautan perusahaan, dapat membuat pengguna memasukkan informasi mereka tanpa menyadarinya. Jika kalian melihat kotak masuk dari email kalian bahkan dari Google sekalipun, kalian harus memeriksa apakah pesan itu asli dari perusahaan Google ataukah upaya hacker dengan mengirim pesan yang bersifat scam.


        I. Isi Formulir Pemulihan di Google



            Hal ini sangat penting bagi kalian yang baru saja membuat channel untuk rencana kalian ke depannya, cara ini berfungsi untuk memberikan notifikasi atau pemberitahuan kepada anda ketika ada seseorang yang tidak dikenal mencoba memasuki akun YouTube kalian supaya kalian bisa langsung memberikan keputusan mengenai notifikasi tersebut.


        J. Ubah Kata Sandi Rutin Secara Berkala

            Pengubahan kata sandi akun YouTube juga berfungsi untuk mencegah hacker menemukan kata sandi kalian, hal ini dikarenakan semakin canggihnya password generator yang mungkin saja dapat menebak password akun YouTube kalian. Jadi, kalian juga harus mengganti password akun YouTube kalian sekuat dan serumit mungkin supaya keamanan akun kalian tetap terjaga.





            Mungkin cukup segitu aja artikel yang bisa Mimin share kali ini ke kalian semua, semoga bermanfaat ya sobat Zone Hack (≧▽≦). Di sini kita sama-sama belajar kok, Mimin juga masih belajar. Oh iya, jangan lupa komentarnya ya sobat Zone Hack biar kita selalu bisa terhubung dan bisa saling share informasi biar bloggernya makin hidup dan rame gitu. Mimin juga minta tolong ya ke sobat Zone Hack semua, jangan lupa share artikel dari Zona Hacking ini. Siapa tahu artikel ini bisa bantu teman kalian yang sedang belajar juga. Insyaallah ke depannya Mimin juga akan membuat artikel yang bermanfaat buat kalian semua, biar kita bisa sama-sama belajar dan terus belajar. Mimin mewakili tim dari Blog Zona Hacking meminta maaf kepada kalian semua apabila materi yang Mimin bagikan kurang bisa dipahami baik dalam segi bahasa, ataupun pemikiran dalam sengaja maupun tidak disengaja. Terimakasih banyak ya sobat Zone Hack (。•̀ᴗ-)✧.



Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

0 Comments