Cara Membuat Filter Instagram Sendiri Via Smartphone Ala Zona Hacking

Cara Membuat Filter Instagram Sendiri Via Smartphone








Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.



Apa kabar sobat? Semoga kalian baik-baik saja ya (。•̀α΄—-)✧





Oh iya sobat, Mimin punya saran kepada kalian sebelum kalian membaca artikel ini, alangkah baiknya kalian sholat dulu ya bagi yang beragama muslim dan bagi non muslim jangan lupa untuk beribadah terlebih dahulu ya. Karena itu sebuah kewajiban yang tidak bisa ditawar lagi ( κˆα΄—κˆ). Oh iya, buat sobat yang baru mampir ke blogger ini. Mimin ucapin Selamat Datang ya, jangan malu-malu untuk bertanya di kolom komentar. Karena kalian di sini sudah seperti keluarga bagi Mimin, tapi kan virtual min? Virtual atau tidak, itu tidak masalah buat Mimin. Yang terpenting kita sudah menjadi satu keluarga (≧▽≦).






Hai sobat, pada artikel sebelumnya Mimin pernah membagikan materi tentang Cara Membuat Filter Instagram Sendiri. Nah, di artikel kali ini Mimin akan membagikan ilmu pengetahuan baru buat kalian nih. Oh iya sobat, sebelumnya Mimin mau mengucapkan "Minala'idzin walfa'idzin Mohon maaf Lahir dan Batin ya sobatπŸ™" karena pada artikel sebelumnya Mimin lupa mau menambahkan kalimat ituπŸ˜…. Yosshh, pada artikel kali ini Mimin akan membagikan ilmu seputar Smartphone nih sobat mengenai Beberapa Faktor yang dapat Mempengaruhi Kecepatan Smartphone. Ilmu ini bisa juga kalian gunakan sebagai bahan pertimbangan bagi kalian yang ingin membeli smartphone baru, tapi masih ragu mau beli merk dagang yang mana. Lantas apa saja faktor-faktor yang akan Mimin bahas? Penasaran? langsung saja kita ke materi intinya.








YUK SIMAK PENJELASANNYA BAIK-BAIK YA SOBAT (◠‿◕)









PASTIKAN KALIAN MEMBACA DENGAN CERMAT YA, DAN JANGAN LUPA SIAPKAN CEMILAN BUAT NAIKIN MOOD KALIAN (≧▽≦)














1. Cara Membuat Filter Instagram Sendiri Via Spark AR Studio




Sebelum Mimin membagikan materinya, alangkah baiknya Mimin juga bagikan pengertian aplikasi yang akan digunakan untuk membuat filter Instagram. Aplikasi ini bernama Spark AR. Spark AR Studio merupakan software yang dibuat untuk membuat efek dan filter yang bersifat Augmented Reality (AR) , software ini hanya bisa digunakan pada sistem operasi Windows.





Tampilan program ini juga didesain supaya kamu bisa membayangkan hasil akhir kreasimu di smartphone pada umumnya. Meskipun penggunaan aplikasi Spark AR Studio biasanya di PC atau laptop, namun tetap ada cara membuat filter Instagram tanpa laptop. Kemudian software ini dikembangkan kembali agar bisa digunakan di dalam smartphone baik dalam sistem operasi Android maupun iOS pada iPhone.




Mimin rasa sudah cukup menyampaikan sedikit pengertian dan fungsi dari aplikasi Spark AR, kini saatnya Mimin bagikan materi tentang Cara Membuat Filter Instagram di Smartphone. Penasaran bagaimana langkah-langkahnya? Yuk lanjut bacanya sampai bawahπŸ˜‰




















2. Tutorial Membuat Filter Instagram Sendiri

Untuk membuat filter sendiri, ada beberapa bahan yang kalian butuhkan. Apa saja bahan dan langkah-langkahnya?




A. Bahan-bahan


γƒΌ Smartphone atau iOS

γƒΌ Koneksi Internet

γƒΌ Kegantengan / Kecantikan πŸ˜‚












B. Langkah-langkah



γƒΌ Pertama-tama, kalian harus aktifkan koneksi internet kalian. Lalu pastinya install aplikasi Spark AR Studio di PlayStore. Tunggu proses install selesai


γƒΌ Masuk ke dalam Aplikasi, setelah masuk. Kalian akan disajikan dengan halaman untuk login menggunakan email atau nomor telepon yang digunakan pada akun Facebook kalian.


γƒΌ Siapkan objek filter berupa file gambar dengan ekstensi file PNG.


γƒΌ Klik Create New / tanda (+), lalu pilih "Blank Project"


γƒΌ Klik Insert, Pilih "faceTracker0"


γƒΌ Klik kanan pada objek, pilih "Add"


γƒΌ Pilih Face Mesh untuk menambah animasi 3D untuk mengambil ekspresi wajah dan dilacak oleh FaceTracker


γƒΌ Kamu juga bisa menambahkan gambar lainnya agar lebih bervariasi dengan file gambar berekstensi PNG


γƒΌ Masukkan gambar ke FaceMesh. Caranya, klik bagian faceMesh0 yang muncul di bagian Scene, lalu alihkan ke bagian Inspector.


γƒΌ Cari menu "Material" dan klik tombol (+). Maka secara otomatis akan tampil aset material0 di area aset


γƒΌ Ubah jenis "Shader" di area "Inspector" agar menjadi "Face Paint"


γƒΌ Klik "Choose File" dan pilih gambar yang sudah kamu persiapkan sebelum langkah ini.


Jika tidak terlihat seperti gambar yang kamu inginkan, kamu dapat mengarahkan ke folder yang sesuai melalui file explorer yang akan muncul.




γƒΌ Simpan Project dengan nama yang diinginkan, kemudian klik tombol "Kirim" dan kirim ke aplikasi Instagram



γƒΌ Klik "Submit" di bagian Kamera Instagram, dan tunggu prosesnya sampai selesai.




Jika berhasil, akan muncul notifikasi pada akun Instagram. Kamu bisa klik notifikasi itu untuk membuka filter yang sudah dibuat, lalu gunakan filter tersebut untuk membuat story IG seperti biasa.








Mungkin cukup segitu aja artikel yang bisa Mimin share kali ini ke kalian semua, semoga bermanfaat ya sobat Zone Hack (≧▽≦). Di sini kita sama-sama belajar kok, Mimin juga masih belajar. Oh iya, jangan lupa komentarnya ya sobat Zone Hack biar kita selalu bisa terhubung dan bisa saling share informasi biar bloggernya makin hidup dan rame gitu. Mimin juga minta tolong ya ke sobat Zone Hack semua, jangan lupa share artikel dari Zona Hacking ini. Siapa tahu artikel ini bisa bantu teman kalian yang sedang belajar juga. Insyaallah ke depannya Mimin juga akan membuat artikel yang bermanfaat buat kalian semua, biar kita bisa sama-sama belajar dan terus belajar. Mimin mewakili tim dari Blog Zona Hacking meminta maaf kepada kalian semua apabila materi yang Mimin bagikan kurang bisa dipahami baik dalam segi bahasa, ataupun pemikiran dalam sengaja maupun tidak disengaja. Terimakasih banyak ya sobat Zone Hack (。•̀α΄—-)✧.







Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

0 Comments